Ayupia, Nadya (2020) HUBUNGAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI BALAI KESEHATAN TRADISIONAL MASYARAKAT MAKASSAR TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K11116033_skripsi cover1.png
Download (124kB) | Preview
K11116033_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
K11116033_skripsi dp.pdf
Download (1MB)
K11116033_skripsi.pdf
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Perkembangan upaya pelayanan kesehatan terus meningkat. Selain pelayanan yang bersifat konvensional, masyarakat cenderung menggunakan pelayanan kesehatan yang bersifat tradisional. Semakin banyaknya jumlah dan jenis pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat akan memengaruhi perilaku masyarakat dalam pemilihan penggunaan layanan kesehatan. Maka dari itu perlu diteliti faktor yang mempengaruhi responden dalam memilih pelayanan kesehatan tradisional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor pengetahuan, sikap pasien, kepercayaan, fasilitas kesehatan dan sikap petugas kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei analitik menggunakan desain Cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 7967 pada pelayanan akupuntur dan akupressur di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Systematic Random Sampling diperoleh yakni 95 orang. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap pasien (ρ = 0,000<0,05), kepercayaan (ρ= 0,015<0,05), sikap petugas kesehatan (ρ =0,019 <0,05) dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar, serta tidak ada hubungan antara pengetahuan (ρ = 0,349>0,05) dan fasilitas kesehatan (ρ= 1,00>0,05) dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar. Saran terhadap pihak balai agar mempertahankan dan meningkatkan sarana dan prasarana sebagai penunjang pelayanan kesehatan serta tetap bersikap ramah dan senantiasa memberikan informasi kesehatan kepada pasien.
Keywords : Perilaku, Balai Kesehatan Tradisional, Pemanfaatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 07:38 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 00:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2128 |