ANALISIS PENGURANGAN HAMBATAN AERODINAMIKA MENGGUNAKAN DIMPLE KONFIGURASI ZIG-ZAG DAN BLOWING PADA MODEL KENDARAAN = ANALYSIS OF AERODYNAMIC OBSTACLES REDUCTION USING THE ZIG-ZAG CONFIGURATION DIMPLE AND BLOWING ON VEHICLE MODELS


Mubarok, Muh Iqbal (2021) ANALISIS PENGURANGAN HAMBATAN AERODINAMIKA MENGGUNAKAN DIMPLE KONFIGURASI ZIG-ZAG DAN BLOWING PADA MODEL KENDARAAN = ANALYSIS OF AERODYNAMIC OBSTACLES REDUCTION USING THE ZIG-ZAG CONFIGURATION DIMPLE AND BLOWING ON VEHICLE MODELS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116306_skripsi cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116306_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116306_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116306_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Iqbal mubarok. Analisis pengurangan hambatan aerodinamika menggunakan dimple konfigurasi zig-zag dan blowing pada model kendaraan (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, ST., MT dan Dr. Eng. Jalaluddin, ST., MT). Penelitian ini dilakukan di laboratorium mekanika fluida fakultas teknik Universitas Hasanuddin. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh contro pasif dan aktif berupa dimple dan blowing terhadap pengurangan hambatan aerodinamis pada model kendaraan. Yang menjadi objek penelitian adalah modifikasi Ahmed body dengan skala 1:6. Modifikasi yang dimaksud berupa perubahan arah aliran serta memiliki kemiringan bodi depan 25°. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan komputasi dengan memanfaatkan fasilitas program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan divalidasi melalui pengujian eksperimental dengan menggunakan fasilitas laboratorium mekanika fluida yaitu Subsonic wind tunnel. Untuk metode komputasi data yang diperoleh berupa karakteristik aliran koefisien drag dan koefisien tekanan. Sedangkan untuk pengujian eksperimental hanya fokus pada upaya untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Kecepatan upstream yang digunakan masing-masing kecepatan 11.1 m/s, 13.9m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s dan 22.2 m/s dan menggunakan kombinasi dimple konfigurasi zig-zag dan kecepatan blowing masing-masing 0.5 m/s, 1.0 m/s dan 1.5 m/s dan kedalaman dimple rasio yaitu 0.25. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol berupa dimple dan blowing mampu mengurangi pembentukan olakan serta menunda terjadinya eparasi aliran. Selain itu, mampu meningkatkan distribusi tekanan pada dinding bagin belakang model kendaraan dan mampu mereduksi hambatan aerodinamis tertinggi sebesar 13.5318 % untuk pendekatan komputasi dan 18.8294 % untuk pendekatan eksperimen.

Kata kunci : Koefisien drag, koefisientekanan,, karakteristikaliran, CFD, Kontrol Aktif Blowing, Kontrol Pasif Dimple.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drag coefficient, pressure coefficient, flow characteristics, CFD, passive Kontrol Activ Blowing, Kontrol Pasif Dimple
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:47
Last Modified: 12 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item
View Item