PENGARUH TRAVEL SPEED TERHADAP LAPISAN ALUMINIUM 6061 HASIL FRICTION SURFACING MENGGUNAKAN MESIN DRILLING-MILLING TIPE LC-40 A = THE EFFECT OF TRAVEL SPEED ON ALUMINUM 6061 FRICTION SURFACING RESULTS USING DRILLING-MILLING MACHINE TYPE LC-40 A


Bulo`, Aditya Rizki Karambe (2021) PENGARUH TRAVEL SPEED TERHADAP LAPISAN ALUMINIUM 6061 HASIL FRICTION SURFACING MENGGUNAKAN MESIN DRILLING-MILLING TIPE LC-40 A = THE EFFECT OF TRAVEL SPEED ON ALUMINUM 6061 FRICTION SURFACING RESULTS USING DRILLING-MILLING MACHINE TYPE LC-40 A. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116302_skripsi cover1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116302_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116302_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116302_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pada Rel ketiga kereta api biasanya digunakan material aluminium dan dilapisi dengan stainless stell. Penelitian kali ini digunakan material Aluminium 6061 sebagai bahan pelapis dan Aluminium 7075 sebagai bahan yang akan dilapisi. Untuk melapisi aluminium ini digunakan metode friction surfacing yang didalamnya digunakan 3 variasi kecepatan hantaran meja yaitu 6 cm/menit, 7 cm/menit dan 8 cm/menit dengan beban 40 kg serta diameter (bahan pelapis) 12 mm. Hasil dari proses friction surfacing dibentuk sesuai dengan dimensi standar pengujian yang dilakukan dengan dua metode yaitu pengujian kekerasan dan pengujian tekuk serta dilakukan pengamatan distribusi panas. Pada pengujian kekerasan, nilai terbesar didapatkan pada hantaran meja 8 cm/menit sedangkan pada hantaran meja 6 cm/menit mendapatkan nilai kekerasan yang terkecil. Pada pengujian tekuk bertolak belakang dengan pengujian kekerasan dimana didapatkan kekuatan tekuk tertinggi pada hantaran meja 6 cm/menit sedangkan untuk hantaran meja 8 cm/menit tidak dapat dilakuakn pengujian tekuk dikarenakan hantaran yang terlalu cepat mengakibatkan temperatur yang tidak mencapai 200 C dan membentuk lapisan yang terputus-putus. Untuk distribusi panas yang paling baik berada pada hantaran meja 7 cm/menit dengan temperatur 190 C hingga 210 C.

Kata Kunci: Friction Surfacing, Rel Ketiga kereta api, Aluminium, distribusi panas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Friction Surfacing, Third Railroad, Aluminum, heat distribution
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:42
Last Modified: 12 Oct 2022 06:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item
View Item