Aulia, Salsa Putri (2022) PENGARUH PEMBERIAN VIDEO AUDIO VISUAL EDUKASI MAKANAN PENDAMPING ASI (MPASI) KEPADA IBU TERHADAP PERBAIKAN STATUS GIZI BAYI (6-20 BULAN). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P102192019_tesis_30-08-2022 bab 1-2.pdf
Download (843kB)
P102192019_tesis_30-08-2022 cover1.jpg
Download (310kB) | Preview
P102192019_tesis_30-08-2022 dapus.pdf
Download (3MB)
P102192019_tesis_30-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
SALSA PUTRI AULIA. Pengaruh Pemberian Video Audio Visual Edukasi Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Kepada Ibu Terhadap Perbaikan Status Gizi Bayi (6-20 Bulan . (dibimbing oleh Syafruddin Syarif dan Andi Nilawati Usman)
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh pemberian media video audio visual edukasi MPASI kepada Ibu terhadap pengetahuan, keterampilan dan perbaikan status gizi bayi (6-20 bulan) Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimenal dengan metode one group pre-post design berupa pemberian pre test, intervensi video edukasi MPASI, post test dan juga penimbangan pada bayi. Sampel adalah orang tua yang memiliki bayi usia 6-20 bulan terdata di Puskesmas Bara-baraya Makassar. Sampel sebanyak 25 sampel yang ditentukan secara purposive sampling. Pengetahuan dan Keterampilan diukur melalui kuesioner dan Status Gizi bayi diukur dengan penimbangan dan KMS. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan, keterampilan dan perbaikan status gizi setelah pemberian intervensi berupa video audio visual edukasi MPASI dengan p-Value 0.000 (<0.005).Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan, keterampilan dan status gizi bayi setelah diberikan intervensi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Audio Visual MPASI, Media Edukasi MPASI, Perbaikan status gizi bayi |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 06:41 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 06:41 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21255 |