Analisis Pengaruh Fin Terhadap Hambatan Aerodinamis Pada Bluff Body Model Kendaraan = Analysis of Fin Effect on Aerodynamic Barriers in Bluff Body Model Vehicles


Novita, Jessica Tsaniyah (2021) Analisis Pengaruh Fin Terhadap Hambatan Aerodinamis Pada Bluff Body Model Kendaraan = Analysis of Fin Effect on Aerodynamic Barriers in Bluff Body Model Vehicles. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116003_skripsi_cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116003_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Jessica Tsaniyah Novita. Analisis Pengaruh Fin Terhadap Hambatan Aerodinamis Pada Bluff Body Model Kendaraan (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, ST., MT dan Dr. Eng. Jalaluddin, ST., MT)
Penelitian ini dilakukan di laboratorium mekanika fluida fakultas teknik Universitas Hasanuddin. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh fin terhadap pengurangan hambatan aerodinamis pada model kendaraan. Yang menjadi objek penelitian adalah modifikasi Ahmed body dengan skala 1:6. Modifikasi yang dimaksud berupa perubahan arah aliran serta memiliki kemiringan bodi depan 25°. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan komputasi dengan memanfaatkan fasilitas program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan divalidasi melalui pengujian eksperimental dengan menggunakan fasilitas laboratorium mekanika fluida yaitu
Subsonic wind tunnel. Untuk metode komputasi data yang diperoleh berupa karakteristik aliran koefisien drag dan koefisien tekanan. Sedangkan untuk pengujian eksperimental hanya fokus pada upaya untuk memvalidasi koefisien drag
memanfaatkan perangkat load cell. Kecepatan upstream yang digunakan masingmasing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s dan 22.2 m/s dan menggunakan kontrol pasif fin dengan tiga variasi model dan tiga variasi posisi penempatan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan kontrol pasif berupa fin mampu mengurangi pembentukan olakan serta menunda terjadinya separasi aliran. Selain itu, mampu meningkatkan distribusi tekanan pada dinding bagin belakang model kendaraan dan mampu mereduksi hambatan aerodinamis tertinggi sebesar 6.6617% untuk pendekatan komputasi dan 4.7371% untuk pendekatan eksperimen.

Kata kunci : Koefisien drag, koefisien tekanan,karakteristik aliran, CFD, Kontrol pasif fin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drag coefficient, pressure coefficient, flow characteristics, CFD, passive control of fins
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:30
Last Modified: 12 Oct 2022 06:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item
View Item