PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS LAYANG KOTA MAKASSAR TAHUN 2020


Nengsi, Elma (2020) PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS LAYANG KOTA MAKASSAR TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116017_skripsi COVER1.png

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116017_skripsi 1-2.pdf

Download (984kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116017_skripsi DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116017_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Menurut hasil laporan tahunan pasien pelayanan Poli Gigi di Puskesmas Layang dengan melihat data kunjungan pasien menunjukkan masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut masih sangat kurang jika dibandingkan dengan kapasitas jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Layang Kota Makassar yang tidak mencapai target nasional yaitu 4% dari total jumlah kunjungan. Dalam hal pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut perilaku konsumen menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan yang menyangkut respon terhadap pelayanan kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku konsumen (kelas sosial, dukungan keluarga, sikap, persepsi, dan motivasi) dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi sebanyak 3.322 pasien dan sampel 97 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan alat bantu kuesioner.
Hasil analisis korelasi dengan uji chi-square (p<0,05) diperoleh data variabel sikap (p=0,000) persepsi (p=0,000), dan motivasi (p=0,000) berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Layang Kota Makassar. Sedangkan variabel kelas sosial (p=0,439), dan dukungan keluarga (p=0,863), tidak berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Layang Kota Makassar.
Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa ada hubungan antara sikap, motivasi, dan persepsi dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sedangkan variabel kelas sosial dan dukungan keluarga menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan. Saran kepada pihak puskesmas sebagai pemberi pelayanan kesehatan agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya di Poli Gigi dengan memperhatikan dan menjaga ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan yang ada dan melengkapi sarana dan prasarana yang belum tersedia serta lebih memperhatikan ketepatan waktu dalam melakukan pelayanan kesehatan di Poli Gigi.
Keywords : Perilaku Konsumen, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:40
Last Modified: 06 Nov 2024 04:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item
View Item