Syam, Asrianti Asmul (2020) EDUKASI KESEHATAN BAHAYA MEROKOK DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA DAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SERTA SIKAP MURID SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN LUWU TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K11116002_skripsi COVER1.png
Download (133kB) | Preview
K11116002_skripsi 1-2.pdf
Download (927kB)
K11116002_skripsi DP.pdf
Download (3MB)
K11116002_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Banyaknya kasus mengenai anak di bawah umur yang merokok biasanya disebabkan karena adanya perilaku yang ditiru dari keluarga, ataupun orang tua sendiri yang merokok di dalam lingkungan rumah maupun di luar lingkungan rumah. Selain itu terdapat zat yang terkandung dalam rokok yang berperan untuk membuat ketergantungan. Oleh karenanya jika sudah mencoba sekali, kedepannya akan membuat ketergantungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai bahaya merokok pada anak sekolah dasar dengan memberikan pendidikan kesehatan yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap murid sekolah dasar tentang bahaya merokok sebelum diberikan intervensi dan sesudah diberikan intervensi permainan edukasi menggunakan ular tangga dan puzzle
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Quasi Experiment dengan pre-test and post test design. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner tentang pengetahuan dan sikap. Populasi adalah seluruh siswa siswi kelas IV, V, VI di SDN 431 Walenna sebanyak 61 orang dan SDN 29 Bajo 124 orang. Sampel sebanyak 115 siswa SD, 50 orang siswa/siswa di SDN 431 Walenna, 65 orang siswa/siswi di SDN 29 Bajo. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini secara random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 0,05. Penyajian data dalam bentuk tabel dan disertai narasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 50 siswa SDN 431 Walenna, berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan menunjukkan ada perbedaan pengetahuan (p=0,003) dan sikap (p=0,025) murid SDN 431 Walenna sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa permainan ular tangga. Dan terdapat perbedaan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,005) murid SDN 29 Bajo sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa permainan puzzle.
Saran dalam penelitian ini agar membuat inovasi edukasi kesehatan yang baru agar pembahsan bahaya merokok dapat tersampaikan kepada siswa
Keywords : Edukasi, Ular Tangga, Puzzle, Rokok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 04:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2105 |