PERENCANAAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE LINE OF BALANCE PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERPIPAAN AIR LIMBAH KOTA MAKASSAR ZONA BARAT LAUT PAKET C-3 = SCHEDULING PLANNING USING LINE OF BALANCE METHOD ON WASTEWATER PIPING PROJECT OF MAKASSAR CITY NORTHWEST ZONE PACKAGE C-3


Febrianto, Fadli Asnur (2021) PERENCANAAN PENJADWALAN MENGGUNAKAN METODE LINE OF BALANCE PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERPIPAAN AIR LIMBAH KOTA MAKASSAR ZONA BARAT LAUT PAKET C-3 = SCHEDULING PLANNING USING LINE OF BALANCE METHOD ON WASTEWATER PIPING PROJECT OF MAKASSAR CITY NORTHWEST ZONE PACKAGE C-3. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171507_skripsi_cover1.jpg

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171507_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171507_skripsi_dp.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171507_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Proyek konstruksi merupakan rangkaian kegiatan pembangunan yang kompleks. Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan pada proyek konstruksi, yaitu waktu, biaya dan mutu. Pemilihan metode penjadwalan yang sesuai dengan tipe dan karakteristik proyek konstruksi sangat penting demi menjamin kelancaran suatu proyek. Sebuah proyek konstruksi yang memiliki volume besar namun dengan item pekerjaan yang sedikit cenderung memiliki kegiatan pekerjaan yang berulang. Metode penjadwalan yang sesuai dengan jenis proyek konstruksi tersebut adalah metode Line of Balance.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui durasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengerjaan Proyek Pembangunan Perpipaan Air Limbah Kota Makassar Zona Barat Laut Paket C-3 menggunakan metode Line of Balance dan membandingkan antara jadwal proyek existing dengan penjadwalan menggunakan metode Line of Balance.
Penelitian ini digolongkan dalam penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalah Proyek Pembangunan Perpipaan Air Limbah Kota Makassar Zona Barat Laut Paket C-3, sedangkan subjek yang ditinjau adalah analisis penjadwalan ulang Proyek Pembangunan Perpipaan Air Limbah Kota Makassar Zona Barat Laut Paket C-3 dengan menggunakan metode Line of Balance.
Dari hasil analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, maka didapat waktu yang diperlukan untuk melaksanakan Proyek Pembangunan Perpipaan Air Limbah Kota Makassar Zona Barat Laut Paket C-3 sepanjang 2,75 kilometer yaitu selama 183 hari. Sedangkan pada penjadwalan existing proyek diperlukan waktu selama 285 hari untuk menyelesaikan 2,75 kilometer tersebut. Dengan melihat perbandingan efektivitas waktu tersebut yang durasinya berselisih 162 hari dengan persentase percepatan yang dihasilkan 35,8 % maka jadwal rencana menggunakan metode Line of Balance lebih efektif dan efisien dalam pengerjaan 3 ruas jalan pada Proyek Pembangunan Perpipaan Air Limbah Kota Makassar Zona Barat Laut Paket C-3.

Keywords : Durasi, Line of Balance, Konstruksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Duration, Line of Balance, Construction
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:06
Last Modified: 12 Oct 2022 03:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20869

Actions (login required)

View Item
View Item