Studi Daktilitas Dinding Pengisi Beton Busa Akibat Pembebanan Siklik = Ductility Study of Foam Concrete Infill Wall under Cyclic Loading


Harun, Nurul Shafira S. (2021) Studi Daktilitas Dinding Pengisi Beton Busa Akibat Pembebanan Siklik = Ductility Study of Foam Concrete Infill Wall under Cyclic Loading. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171328_skripsi_cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171328_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171328_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171328_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu komponen bangunan yang rentan mengalami kerusakan yang besar yaitu dinding. Dinding pada konstruksi rumah tinggal di Indonesia pada umumnya memanfaatkan bata merah yang diasumsikan sebagai elemen non-struktural. Salah satu alternatif dalam sistem konstruksi dinding rumah tinggal yang tergolong ramah lingkungan dan terjangkau yaitu dengan penggunaan beton busa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan beban terhadap perpindahan dan nilai daktilitas pada rangka dinding dengan bahan pengisi beton busa dan rangka beton bertulang tanpa bahan pengisi. Benda uji penelitian terdiri atas 2 model rangka dinding, yaitu variasi W1, rangka beton bertulang tanpa bahan pengisi, dan variasi W2, rangka dinding dengan bahan pengisi panel pracetak beton busa. Pada pengujian dilakukan pembebanan siklik lateral pada benda uji dengan metode displacement control. Berdasarkan hasil pengujian, benda uji W2, yaitu dinding dengan bahan pengisi panel pracetak beton busa, mengalami beban maksimum yang lebih tinggi pada arah pembebanan tekan dan tarik, dibandingkan dengan benda uji W1, yaitu rangka beton bertulang tanpa bahan pengisi. Nilai daktilitas yang diperoleh pada benda uji W1 lebih besar dibandingkan dengan benda uji W2. Penurunan daktilitas yang terjadi tidak signifikan sehingga nilai daktilitas untuk kedua benda uji hampir sama.

Keywords : Dinding, beton busa, daktilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wall, foam concrete, ductility
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:05
Last Modified: 12 Oct 2022 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item
View Item