PENGARUH DIKLAT TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MERAUKE = THE EFFECT OF TRAINING AND TRAINING ON THE PERFORMANCE OF THE STATE CIVIL APPARATUS IN THE REGIONAL SECRETARIAT OF MERAUKE REGENCY


Benamen, Dominggus L. (2022) PENGARUH DIKLAT TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MERAUKE = THE EFFECT OF TRAINING AND TRAINING ON THE PERFORMANCE OF THE STATE CIVIL APPARATUS IN THE REGIONAL SECRETARIAT OF MERAUKE REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012191030_tesis_02-09-2022 cover1.jpg

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012191030_tesis_02-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012191030_tesis_02-09-2022 dapus.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012191030_tesis_02-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja aparatur sipil Negara (ASN) di Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu regresi linear berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS.
Menurut hasil penelitian dengan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan observasional analitik dengan desain cross sectional, penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh mengikuti diklat maupun tidak mengikuti diklat terhadap kinerja pegawai ASN di Sekretairat Daerah Kabupaten Merauke. Pegawai yang mengikuti diklat memiliki kinerja yang baik pada sebagian besar pegawai yang mengikuti diklat jika dibandingkan dengan pegawai yang tidak mengikuti diklat. Pegawai yang mengikuti maupun tidak mengikuti diklat memiliki pengaruh secara linear terhadap kinerja pegawai ASN di Sekretairat Daerah Kabupaten Merauke. Artinya, setiap peningkatan program diklat yang dilakukan untuk pegawai akan meningkatkan kinerja pegawai. Pegawai yang tidak mengikuti diklat juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai ASN, hal ini didukung pada beberapa kondisi organisasi atau lembaga pemerintahan. Program diklat diharapkan dapat mengembangkan sumber daya manusia, khususnya untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian. Peningkatan kinerja juga dapat dipengaruhi oleh motivasi kerja pegawai ataupun gaya kepemimpinan yang diterapkan pada sebuah organisasi.

Keywords : Pendidikan dan Diklat, Aparatur Sipil Negara, Kinerja

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan Diklat, Aparatur Sipil Negara, Kinerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Oct 2022 05:58
Last Modified: 10 Oct 2022 05:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item
View Item