HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN, KESAMAAN BUDAYA, AKSES INFORMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN MEDICAL TOURISM : SYSTEMATIC REVIEW


Akbar, Fuad Husain (2020) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN, KESAMAAN BUDAYA, AKSES INFORMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN MEDICAL TOURISM : SYSTEMATIC REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181122_tesis_22-09-2020_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
K012181122_tesis_22-09-2020_1-2(FILEminimizer).pdf

Download (471kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K012181122_tesis_22-09-2020_Daftar Pustaka dan Lamp.(FILEminimizer).pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181122_tesis_22-09-2020(FILEminimizer) ............................... ok.pdf

Download (766kB)

Abstract (Abstrak)

Medical Tourism merupakan tipe dari wisata medis yang dikarakteristikkan dengan wisatawan yang mengakses pelayanan kesehatan dan berada diluar negaranya. Hambatan yang dialami oleh para wisatawan sehingga termotivasi untuk melakukan kegiatan pariwisata kesehatan karena daftar tunggu yang panjang, biaya sangat mahal untuk perawatan pribadi, meningkatnya ketersediaan perawatan kompeten di luar negeri dan tidak tersedianya beberapa pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan, kesamaan budaya dan akses informasi dengan kepuasan pasien medical tourism. Penulisan ini dilakukan dengan metode review sistematis menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Review (PRISMA) Mesin pencari elektronik yang digunakan adalah PubMed, Science Direct dan Research Gate dari tahun 2016 hingga 2020. Hasil penulisan menunjukkan terdapat 11 studi bahwa hubungan antara kualitas layanaan dengan kepuasan pasien, 2 studi hubungan antara kesamaan budaya dengan kepuasan pasien medical tourism dan 2 studi menemukan hubungan antara akses informasi dengan kepuasan pasien medical tourism. Setelah analisis lanjut diketahui bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan, kesamaan budaya, akses informasi dengan kepuasan pasien medical tourism. Kepada pihak pemerintah agar melakukan penelitian lebih lanjut di seluruh unit pelayanan dirumah sakit agak didapatkan satu model pelayanan secara menyeluruh dirumah sakit.
Kata kunci: Medical Tourism, Kualitas Pelayanan, Kesamaan Budaya, Akses Informasi, Kepuasan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Medical Tourism, Kualitas Pelayanan, Kesamaan Budaya, Akses Informasi, Kepuasan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:32
Last Modified: 08 Nov 2024 01:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2068

Actions (login required)

View Item
View Item