PENJADWALAN PERAWATAN SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR INDUK PADA KMP.BONTOHARU MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN DINAMIKA SISTEM = SCHEDULING OF MAIN MOTOR FUEL SYSTEM MAINTENANCE AT KMP, BONTOHARU USING SYSTEM DYNAMICS MODELING


Bakri, Syaiful (2022) PENJADWALAN PERAWATAN SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR INDUK PADA KMP.BONTOHARU MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN DINAMIKA SISTEM = SCHEDULING OF MAIN MOTOR FUEL SYSTEM MAINTENANCE AT KMP, BONTOHARU USING SYSTEM DYNAMICS MODELING. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115509_skripsi_30-08-2022 cover1.jpg

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33115509_skripsi_30-08-2022 bab 1-2.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33115509_skripsi_30-08-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115509_skripsi_30-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

KMP.Bontoharu merupakan kapal yang beroprasi dengan trayek Bira-Selayar, kapal tersebut udah berusia 17 tahun dan hingga saat ini masih terus beroperasi, lamanya kapal beroperasi hingga saat ini mengakibatkan komponen-komponen pada kapal membutuhkan perawatan yang lebih khusunya pada sistem penunjang mesin induk dimana salah satu sistem yang diteliti yaitu sistem bahan bakar.
Penelitian ini merupakan studi terhadap aplikasi teori reliability dan dinamika sistem sebagai alat untuk mengevaluasi sebuah komponen kritis sistem bahan bakar untuk menetukan waktu perawatan. Adapun metode analisa yang digunakan dalam mengevaluasi sistem adalah metode analisa secara kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk analisa secara kualitatif adalah Failure Mode Effect And Analysis (FMEA). Dan untuk analisa secara kuantitatif digunakan metode Pemodelan Dinamika Sistem.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sistem bahan bakar mesin penggerak KMP. Bontoharu diperoleh urutan komponen yang paling kritis dan perlu mendapat perhatian lebih adalah Fuel filter, transfer pump,, water separator, Fuel feed pump, fuel injection pump. Dan di peroleh waktu perwatan komponen kritis fuel filter 1&2 setiap hari ke 12, transfer pump setiap hari ke 30, water separator setiap hari ke 33, fuel feed pump setiap hari ke 40, fuel injection pump 1&2 setiap hari ke 47 .

Keywords : FMEA, Realiability, Waktu Perawatan, Pemodelan dinamika Sistem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FMEA, Realiability, Maintenance Time, System dynamics model
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:16
Last Modified: 07 Oct 2022 06:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item
View Item