ANALISIS PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN DI MASA PANDEMIDI KABUPATEN TORAJA UTARA = Analysis of Hotel and Restaurant Tax Receipts During a Pandemic In North Toraja Regency


Sulo, Selpina Rapi (2022) ANALISIS PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN DI MASA PANDEMIDI KABUPATEN TORAJA UTARA = Analysis of Hotel and Restaurant Tax Receipts During a Pandemic In North Toraja Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A042202014_tesis_07-09-2022 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A042202014_tesis_07-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A042202014_tesis_07-09-2022 dp.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A042202014_tesis_07-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Selpina Rapi Sulo. Analisis Penerimaan Pajak Hotel Dan Restoran Di Masa Pandemi Di Kabupaten Toraja Utara (dibimbing oleh Syamsu Alam dan Sabir).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat efektivitas penerimaan pajak hotel dan restoran pada masa pandemi di Kabupaten Toraja Utara, dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak hotel dan restoran terhadap PAD pada masa pandemi di Kabupaten Toraja Utara. Sampel sebanyak 112 responden. Responden tersebut merupakan masyarakat dan pegawai Bapenda Kabupaten Toraja Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dengan wawancara terhadap responden dan penelitian kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi variabel. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Toraja Utara masa pandemi Tahun 2020-2021 mengalami penurunan dengan kecendrungan tidak efektif disebabkan karena adanya pembatasan kegiatan secara terbuka di tempat umum selama pandemi berlangsung sehingga berpengaruh pada penghasilan pengelola hotel dan restoran di kabupaten Toraja Utara yang juga berdampak pada tidak efektifnya penerimaan pajak daerah. 2) Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Toraja Utara masa pandemi Tahun 2020-2021 juga mengalami penurunan dengan kecendrungan sedang dan kurang baik disebabkan karena munculya berbagai kebijakan yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus sehingga berpengaruh pada kontribusi penerimaan pajak daerah. Adapun saran penelitian adalah 1) Untuk meningkatkan efektivitas penerimaan Pajak Asli Daerah Kabupaten Toraja Utara periode selanjutnya khususnya pajak hotel dan restoran, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara harus mengambil kebijakan-kebijakan dengan membuka kembali hotel dan restoran untuk umum dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sebelumnya ditutup karena pandemi, serta perlu segera merealisasikan pelayanan pajak secara online, mengingat di masa sekarang ini masih terdapat keterbatasan aktifitas manusia karena adanya Covid-19. 2) Perlu memaksimalkan realisasi penerimaan pajak hotel dan restoran di daerah Kabupaten Toraja Utara agar realisasi kontribusi yang sempat tidak tercapai akibat pandemi Covid-19 dapat menjadi lebih baik dan mengalami peningkatan kedepannya. 3) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menjangkau lebih luas dalam menggali informasi untuk mengetahui strategi-strategi baru yang lebih inovatif dalam upaya pengembangan strategi pengelolaan pajak daerah.

Keywords : Anaslisis Penerimaan, Pajak Hotel dan Restoran, Pandemi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Anaslisis Penerimaan, Pajak Hotel dan Restoran, Pandemi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:20
Last Modified: 06 Oct 2022 02:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20500

Actions (login required)

View Item
View Item