Prediksi Daya Output Turbin Angin Berdasarkan Faktor Lingkungan Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi


Rahim, Muhammad Nur Rahmat (2021) Prediksi Daya Output Turbin Angin Berdasarkan Faktor Lingkungan Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D041171026_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D041171026_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D041171026_skripsi_cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D041171026_skripsi_dp.pdf

Download (223kB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Nur Rahmat Rahim, Prediksi Daya Output Turbin Angin Berdasarkan Faktor Lingkungan Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi (dibimbing oleh Syafaruddin dan Zaenab Muslimin)

Pentingnya untuk meningkatkan efisiensi pembangkit listrik tenaga bayu dalam menghasilkan daya listrik. Terdapat dua sistem turbin angin yang mengatur efisiensi pemanfaatan tenaga angin yaitu sistem kendali yaw dan sistem kendali blade pitch. Sistem kendali yaw merupakan sistem yang mengarahkan rotor ke arah datangnya angin sehingga daya yang dihasilkan maksimal dan sistem Blade Pitch Control merupakan sistem yang mengoperasikan sudu pisau agar daya yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Maka, kinerja kendali yaw dapat dioptimalkan hanya pada arah angin dengan kecepatan angin tertinggi sehingga daya yang dihasilkan dapat sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu dikarenakan sifat angin yang berubah tiap satuan waktu maka dalam pemanfaatan tenaga angin menjadi cukup sulit. Laporan ini menyajikan simulasi prediksi kecepatan angin untuk menentukan prediksi daya angin pada waktu yang sama dan prediksi arah angin untuk menentukan pengaturan sistem kendali yaw. Metode yang diusulkan pada penelitian yaitu metode dekomposisi. Metode dekomposisi merupakan metode prediksi yang membagi data time series menjadi dua bagian yaitu komponen musiman dan komponen trend. Metode dekomposisi digunakan untuk memprediksikan kecepatan dan arah angin untuk menentukan daya output yang dihasilkan dan sudut yaw turbin angin pada waktu mendatang. Verifikasi uji hasil pada metode yang diusulkan dengan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) menunjukkan bahwa metode yang diusulkan menampilan nilai mape yang sangat baik dan baik untuk berbagai skenario simulasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode dekomposisi, daya output angin, kecepatan angin, arah angin, temperatur, PLTB Sidrap, PLTB Tolo, Sistem kendali yaw
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:52
Last Modified: 29 Sep 2022 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item
View Item