ANALISIS PRODUKTIVITAS CONTAINER CRANE (CC) DAN BERTH THROUGHPUT PADA KEGIATAN STEVEDORING (Studi Kasus Di Pelabuhan Makassar New Port) = Analysis of Container Crane Productivity and Berth Throughput then mooring on activities” (Case Study at PT.Makassar New Port )


Dara', Guedbryal Saputra (2021) ANALISIS PRODUKTIVITAS CONTAINER CRANE (CC) DAN BERTH THROUGHPUT PADA KEGIATAN STEVEDORING (Studi Kasus Di Pelabuhan Makassar New Port) = Analysis of Container Crane Productivity and Berth Throughput then mooring on activities” (Case Study at PT.Makassar New Port ). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116012_skripsi cover1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116012_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116012_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116012_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Makassar sebagai salah satu pusat perekonomian di Sulawesi Selatan yang menjadi pintu kegiatan ekspor dan impor barang dengan menggunakan peti kemas. Terminal peti kemas Makassar New Port dipersiapkan sebagai salah satu hub port di Indonesia Timur dengan rencana kapasitas terpasang 10 juta TEU’s. Makassar New Port merupakan proyek strategis nasional (PSN) dengan harapan agar perputaran ekonomi di kawasan Indonesia Timur dapat meningkat dengan adanya Pelabuhan Makassar New Port. Dermaga yang terpasang saat ini memiliki panjang 362 m dan lebar 30 m dengan kapasitas terpasang 1 juta TEU’s.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yang diambil dengan cara mengamati, mewawancarai dan mengukur langsung waktu pelayanan alat container crane. Data sekunder diperoleh dengan mengutip dokumen Makassar New Port serperti data jumlah fasilitas alat, kapasitas alat, umur alat dan layout Makassar New Port. Studi ini menganalisa waktu kinerja pelayanan di Terminal Peti Kemas Makassar New Port yang berfokus pada alat container crane (CC) dan untuk mengetahui berth throughput/tahun. Analisis dilalukan dengan cara menghitung siklus waktu pergerakan CC selama ±1 jam/CC dan menghitung produktivitas CC selama dua tahun terakhir.
Hasil analisis diketahui bahwa kinerja dari pelayanan container crane (CC) cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari effective time tertinggi mencapai 1 jam 3 menit pada saat proses bongkar kemudian pada proses muat effective time didapatkan 54 menit 38 detik, kemudian dapat juga dilihat dari pelayan kinerja CC tertinggi adalah CC – 02 pada proses bongkar 30box/CC/jam sedangkan untuk proses muat pelayanan CC tertinggi didapatkan sebanyak CC – 04 sebesar 31box/CC/jam, adapun nilai berth throughput pada 2 tahun terakhir 2019 dan 2020 yaitu 1,41 (2box/m/tahun). Berdasarkan data diperoleh kesimpulan bahwa kinerja waktu pelayanan container crane masih dapat ditingkatkan lagi, dengan menambah CC atau mengganti CC dengan spesifikasi super post panamax sehingga produksi bisa maksimal.

Kata Kunci; Container Crane (CC), Kinerja Bongkar Muat, Kecepatan Pelayanan, Berth Throughput

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Container Crane (CC), Loading and Unloading Performance, Speed Service, Berth Throughput
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:34
Last Modified: 29 Sep 2022 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19100

Actions (login required)

View Item
View Item