Nirmalasari. P, Nirmalasari. P (2020) Illocutionary Acts in Sprite's Advertisement on Television (A Pragmatic Analysis). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F21116017_skripsi COVER1.png
Download (166kB) | Preview
F21116017_skripsi 1-2.pdf
Download (1MB)
F21116017_skripsi dp.pdf
Download (228kB)
F21116017_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Nirmalasari P. Tidak-tindak Ilokusi dalam Iklan Sprite di Televisi. Sebuah analisis Pragmatik. Dibimbing oleh Simon Sitoto dan Ayub Khan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengungkapkan jenis-jenis tidak ilokusi yang ditunjukkan oleh pengiklan dalam iklan Sprite di televisi, dan (2) untuk mendeskripsikan makna dari tindak ilokusi dalam setiap ungkapan-ungkapan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dimana penulis menemukan tujuh iklan yang terdiri dari 31 ungkapan yang memiliki tindak ilokusi. Penulis mengumpulkan data dari video yang unduh di Youtube. Adapun dalam pengumpulan data, penulis menerepkan teknik menonton dan teknik catat. Kemudian data diidentifikasi dan diklasifikasi berdasarkan jenis-jenis tindak ilokusi oleh Searle.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat klasifikasi tindak ilokusi yang di tunjukkan oleh iklan Sprite yaitu 14 ungkapan representatif, 13 ungkapan direktif, dua unggkapan commisif, dan dua ungkapan ekspresif. Makna dari tindak-tindak ilokusi tersebut adalah kesan, tanda-tanda peringatan, stereotip, menyarankan, ekspresif dan pernyataan.
Keywords: ungkapan, tindak ilokusi, makna, iklan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 05:08 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1909 |