Analisis Pengaruh Pemasangan Collar Terhadap Kekuatan Struktur Barge = Analysis of the Effect of Collar Installation on the Strength of Barge Structures


Pakadang, Ronaldo (2021) Analisis Pengaruh Pemasangan Collar Terhadap Kekuatan Struktur Barge = Analysis of the Effect of Collar Installation on the Strength of Barge Structures. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116523_skripsi_Cover1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116523_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116523_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116523_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Pakadang, Ronaldo. 2020. “Analisis Pengaruh Pemasangan Collar Terhadap Kekuatan Struktur Barge” (dibimbing oleh Andi Ardianti dan Hamzah).

Barge umumnya digunakan untuk mengangkut volume muatan yang sangat besar seperti batubara, pasir dan alat berat lainnya. Konstruksi barge harus dipasang secara tepat dan efektif guna menghindari terjadinya pengurangan kekuatan dan mampu menahan beban muatannya. Salah satu contoh adalah pemasangan collar pada konstruksi longitudinal barge tepatnya pada hubungan antara balok geladak dengan lubang pelat (notches) pada transversal web. Collar diletakkan pada lubang pelat (notches) dimaksudkan agar memberikan penguatan struktur pada bagian transversal web yang luas penampangnya berkurang akibat dari pemotongan pelat yang difungsikan sebagai jalur menerus balok geladak. Berdasarkan hal ini, dilakukan simulasi numerik untuk menganalisis pengaruh pemasangan collar terhadap kekuatan struktur barge. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa konstruksi penampang barge 17300 DWT. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis numerik. Proses simulasi menggunakan metode elemen hingga yang dikerjakan komputer dengan software analisis struktur yang mendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasangan collar plate mampu memberikan penguatan lokal terhadap kekuatan struktur barge. Pertambahan luasan penampang pelintang geladak akibat pemasangan collar plate akan memberikan penguatan pada daerah lubang notches. Pemasangan collar plate juga mampu memberikan penguatan pada balok geladak karena bagian sisi pelatnya juga ikut melekat langsung. Hal ini dapat mengurangi terjadinya pergeseran pada balok geladak sehingga mampu dengan baik menumpu pelat geladak yang terbebani.

Keywords : Konstruksi Barge, Collar Plate, Lubang Notches.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Barge Construction, Collar Plate, Notches Hole.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:34
Last Modified: 29 Sep 2022 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item
View Item