Analisis Kekuatan Poros Propeller Akibat Penambahan Daya Motor Kapal Tugboat Studi Kasus Kapal Michael = Analisys of The Strength of The Propeller Shaft Caused by The Addition of Tugboat’s Engine Power: Study Case of Michael Ship


Shandy, Novrizal Tri (2021) Analisis Kekuatan Poros Propeller Akibat Penambahan Daya Motor Kapal Tugboat Studi Kasus Kapal Michael = Analisys of The Strength of The Propeller Shaft Caused by The Addition of Tugboat’s Engine Power: Study Case of Michael Ship. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116001_skripsi_cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116001_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116001_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kapal Tugboat MICHAEL akan diganti motor dengan daya yang lebih besar tetapi tanpa mengganti porosnya. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kekuatan poros propeller setelah mesin diganti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan poros dan menemukan kemungkinan putaran poros yang sesuai setelah motor diganti dengan daya yang lebih besar sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan Badan Klasifikasi BKI dan mendeskripsikan deformasi poros pada berbagai variasi putaran dan daya keluaran mesin utama. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan menggunakan bantuan aplikasi ANSYSTM . Adapun kondisi pembebanan pada penelitian ini yaitu pada kondisi Existing 311 RPM dan juga divariasikan berdasarkan RPM propeller yaitu RPM 300,320,340,360,380 dan 400. Berdasarkan hasil analisis pada kondisi eksisting diperoleh tegangan von-mises sebesar 88,911 Mpa dan tegangan geser sebesar 51,021 Mpa. Nilainya dibawah tegangan ijin yang disyaratkan BKI yaitu 109,567 Mpa untuk tegangan ijin von-mises dan 54,783 Mpa untuk tegangan ijin geser. maka kekuatan poros propeller dikatakan aman sehingga motor penggerak kapal dapat diganti dengan daya yang lebih besar. Untuk setiap variasi RPM, kekuatan poros propeller masih memenuhi persyaratan Klasifikasi BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) hingga RPM 320 sehingga kekuatan poros masih aman jika putaran propeller dinaikkan hingga RPM 320. Sedangkan untuk besar deformasi geser yang terjadi pada poros propeller pada kondisi existing yaitu sebesar 0,0419 rad dan untuk variasi RPM, besar deformasi yang terjadi berbanding lurus dengan perubahan RPM.

Keywords : Poros, Metode Elemen Hingga, Tegangan, Existing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shaft, The Finite Element Method, Stress, Existing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:58
Last Modified: 29 Sep 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19040

Actions (login required)

View Item
View Item