SISTEM INFORMASI PROSES PRODUKSI BLOK LAMBUNG KAPAL FERRY RO-RO 750 GT = INFORMATION SYSTEM FOR THE PRODUCTION PROCESS HULL BLOCK OF THE 750 GT RO-RO FERRY SHIP


Basri, Andi Irsal Abdillah (2021) SISTEM INFORMASI PROSES PRODUKSI BLOK LAMBUNG KAPAL FERRY RO-RO 750 GT = INFORMATION SYSTEM FOR THE PRODUCTION PROCESS HULL BLOCK OF THE 750 GT RO-RO FERRY SHIP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31115008_skripsi_cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31115008_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31115008_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31115008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Irsal Abdillah Basri. “Sistem Informasi Proses Produksi Blok Lambung
Kapal Ferry Ro-Ro 750 GT” (Mohammad Rizal Firmansyah, ST., MT., M.Eng. dan Farianto Fachruddin L., ST., MT.)
Proses pembangunan kapal adalah sebuah proses pembangunan yang sangat kompleks terkhusus dalam penentuan material produksinya. Kebutuhan material dan ketersediaanya akan jumlah, waktu, kualitas, dan kuantitas merupakan hal yang utama dalam membangun kapal. Pada proses produksi kapal dibutuhkan ratusan bahkan ribuan rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh sumber daya galangan sehingga dibutuhkan sebuah sistem informasi proses produksi dimulai dari tahap persediaan alat dan bahan sampai selesai untuk mengatur dan mengelolah proses pembangunan. Beberapa sistem informasi telah dikembangkan oleh Sitti Rahmah, Evan Dwi Nugraha Iskandar, Andi Rachmat Darwis, dan Raih Annita berkaitan dengan sistem pengkodean dan input. Mereka menggunakan Visual Basic for Application sebagai perangkat lunak untuk mendesainnya dengan sistem informasi yang dibuat termasuk kedalam level sistem informasi tahap awal yakni database.
Berangkat dari permasalahan di atas, dimana sistem informasi ini juga di butuhkan pada kapal lain, maka penulis memandang perlu untuk mengembangkan lebih jauh sistem informasi itu dengan membuat sistem informasi menggunakan konsep Decision Support System (DSS) seperti yang dikembangkan oleh Raih Annita, serta memberi penambahan item atau informasi lanjutan dalam aplikasi ini berupa proses produksi pembangunan kapal berupa blok lambung kapal pada kapal ferry ro-ro 750 GT. Perincian dan pengelompokkan komponen kegiatan dalam perakitan suatu blok menggunakan metode Product Work Breakdown Structure (PWBS). Tujuan Akhir dari penelitian ini adalah penambahan feature berupa pengidentifikasian komponen dimulai dari part fabrication hingga assembly menjadi satu blok.

Keywords : Decision Support System, Product Work Breakdown Structure, Sistem Informasi, Sistem Kode, Proses Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Decision Support System, Product Work Breakdown Structure, Information System, Code System, Production Process
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:49
Last Modified: 29 Sep 2022 00:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19019

Actions (login required)

View Item
View Item