Tingkat Kelelahan Kerja Fisik Otot Tangan Operator Alat Berat Dump Truck Di PT.Vale Indonesia TBK = Fatigue Level Of Physical Work Of Hand Muscale Operators Of Heavy Equipment Dump Trucks at PT. Vale Indonesia TBK


Ali, Putri Purnama Utami H (2021) Tingkat Kelelahan Kerja Fisik Otot Tangan Operator Alat Berat Dump Truck Di PT.Vale Indonesia TBK = Fatigue Level Of Physical Work Of Hand Muscale Operators Of Heavy Equipment Dump Trucks at PT. Vale Indonesia TBK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22116508_skripsi cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D22116508_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D22116508_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D22116508_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pekerja merupakan salah satu sumber daya terpenting pada sebuah perusahaan yang akan terlibat langsung dalam setiap kegiatan pekerjaan. Dalam melaksanakan semua tugas-tugasnya. Pekerja akan menggunakan kemampuan fisik ataupun kemampuan mentalnya untuk menyelesaikan tugas tersebut. Beban kerja yang melebihi kapasitas pekerjaan akan berdampak timbulnya kelelahan baik secara fisik (fisiologis) maupun secara mental (psikologis). Kelelahan fisiologis maupun psikologis ini akan sangat mempengaruhi penurunan konstentrasi dalam bekerja yang berdampak cidera dan kecelakaan kerja. Pembagian waktu kerja operator dibagi menjadi 3 shift, setiap shift kerja mempunyai 8 jam waktu kerja bila beban kerja yang diberikan tidak seimbang dengan kemampuan yang dimiliki oleh pekerja maka dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi pekerja maupun bagi perusahaan. Aktivitas yang dilakukan operator alat berat yang pekerjanya memiliki durasi waktu kerja yang lama, dilakukan berulang-ulang dan rutin setiap hari sehingga dapat terjadi faktor kelelahan yang lebih tinggi pada operator kendaraan alat berat.
Penelitian i
ni bertujuan untuk mengukur dan menganalisa tingkat kelelahan operator alat berat dump truck. Pengambilan data yang dilakukan secara langsung dengan 20 orang pekerja operator alat berat dump truck menggunakan alat handgrip dynamometer. Hasil yang di dapatkan dari uji T dengan metode dengan metode Pired Sampet T Tes pada shift 1, shift 2, dan shift 3 menunjukkan adanya penurunan kekuatan genggaman tangan yang signifikan antara sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan yang menunjukkan bahwa terjadi kelelahan pada pekerja operator alat berat dump truck. Sedangkan hasil yang didapatkan pada uji T dengan metode Independent-Samples T Test (sampel independen) untuk mengetahui perbandingan setiap shift setelah bekerja terjadi perbedaan. Pada shift 1 dan shift 2 penurunan yang terjadi tidaklah signifikan, pada shift 1 dan shift 3 terjadi penurunan yang signifikan dan begitu pula pada shift 2 dan shift 3 terjadi penurunan yang signifikan.

Kata kunci: Kelelahan,Handgrip Dynamometer, Uji T.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fatigue, Handgrip Dynamometer, Uji T
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:47
Last Modified: 29 Sep 2022 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item
View Item