ANALISIS PENGARUH CAHAYA TERHADAP KONSENTRASI DAN PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA JALUR I PEMBUATAN TIANG LISTRIK = ANALYSIS OF THE EFFECT OF LIGHT ON THE CONCENTRATION AND PRODUCTIVITY OF WORKERS ON LINE I OF ELECTRICITY PLANTS


Amalia, Putri Nur (2021) ANALISIS PENGARUH CAHAYA TERHADAP KONSENTRASI DAN PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA JALUR I PEMBUATAN TIANG LISTRIK = ANALYSIS OF THE EFFECT OF LIGHT ON THE CONCENTRATION AND PRODUCTIVITY OF WORKERS ON LINE I OF ELECTRICITY PLANTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22116020_skripsi cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D22116020_skripsi bab 1-2.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D22116020_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D22116020_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Konsentrasi dan produktivitas merupakan hal yang menunjang kualitas kerja seseorang, dimana ketika konsentrasi seseorang baik maka akan lebih berproduktivitas juga orang tersebut. Konsentrasi dapat diartikan sebagai pemusatan segenap kekuatan perhatian pada suatu situasi belajar ataupun melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan produktivitas merupakan sikap mental (attitude of mind) yang mempunyai semangat untuk melakukan peningkatan perbaikan. Produktivitas disini bukan semata-mata ditujukan untuk mendapatkan hasil kerja yang sebanyak-banyaknya, melainkan kualitas kerja juga penting diperhatikan. Selanjutnya produktivitas individu dapat dinilai dari apa yang dilakukan oleh individu tersebut dalam kerjanya, atau dengan kata lain produktivitas individu ialah bagaimana seseorang melaksanakan pekerjaannya. Namun beberapa hal yang dapat membuat produktivitas dan konsentrasi seseorang menurun salah satu yang mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi pekerja saat bekerja yaitu pencahayaan pada lingkungan kerjanya. Faktor pencahayaan merupakan salah satu faktor lingkungan kerja yang termasuk kelompok resiko, jika intensitas pencahayaan tidak memadai maka dapat menyebabkan produktivitas tenaga keja menurun. Pencahayan juga berpengaruh terhadap kesehatan mata dan secara tidak langsung mempengaruhi tingkat konsentrasi terhadap pekerjaan. PT.WIKA BETON Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan 2 shift kerja pada karyawan lapangan yaitu shift pagi dan shift malam. Di PT. WIKA sendiri sering terjadi masalah-masalah saat produksi seperti kesalahan pada penulisan jumlah produk yang diproduksi ataupun masalah kesalahan penulisan jenis produk yang diproduksi. Masalah-masalah tersebut lebih sering terjadi pada pekerja yang mendapatkan shift malam dibandingkan dengan pekerja yang mendapatkan shift pagi. Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk melihat pengaruh cahaya pada konsentrasi dan produktivitas pekerja. Pengambilan data dilakukan secara langsung dengan 14 pekerja pada Jalur I pembuatan tiang listrik dengan 7 pekerja pada shift A pagi dan 7 pekerja pada shift B malam dengan menggunakan alat reaction time test dan memory recall test. Hasil yang didapatkan dari Uji T dengan menggunakan metode Paired Sample T-Test pada didapatkan hasil pada Rell TL, dan Pendinginan Tl pada kedua shift menunjukkan pengaruh cahaya terhadap konsentrasi dan produktivitas pekerja. Sedangkan pada Rangka TL dan pengisian TL memiliki hasil yang berbeda yaitu terdapat shift kerja yang dimana faktor cahaya tidak mempengaruhi konsentrasi dan produktivitas pekerja.

Keywords : CAHAYA, KONSENTRASI, PRODUKTIVITAS, UJI T

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Light, Concentration, Productivity, T test
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:46
Last Modified: 29 Sep 2022 00:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item
View Item