Syariati, Kasmir (2022) Virtual Reality Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Lintas Platform Alternatif Konferensi Video Pada Masa Pandemi = Virtual Reality Classroom as Alternative Online Learning Platform To Video Conference During The Pandemic. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
D032191008_tesis_cover1.jpg
Download (212kB) | Preview
D032191008_tesis_bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D032191008_tesis_dp.pdf
Download (404kB)
D032191008_tesis_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Virtual Reality Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Lintas Platform Alternatif Konferensi Video Pada Masa Pandemi (dibimbing oleh Zahir Zainuddin dan Syafruddin Syarif).
Pandemi COVID-19 yang memaksa institusi pendidikan untuk melakukan pembelajaran secara daring terbukti menghadapi berbagai kendala, salah satunya adalah kebutuhan bandwith yang relatif besar dan kelas praktik sulit dilaksanakan melalui konferensi video. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi penggunaan virtual reality sebagai metode pembelajaran jarak jauh dengan kebutuhan bandwidth lebih sedikit. Feed video kamera digantikan dengan representasi avatar 3D dan jumlah transfer data untuk kendali avatar dioptimasi lewat pengaturan netcull distance serta interpolasi gerakan animasi. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap; pertama untuk mengukur respon user terhadap penggunaan avatar sebagai pengganti feed kamera. Kedua, interaksi antar user dalam dunia virtual diamati untuk mengetahui tingkat optimasi yang dapat dilakukan. Dan ketiga, user dibagi menjadi beberapa kelompok tingkat interaksi sesuai sebara aktifnya user dalam dunia virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan bandwidth dapat ditekan hingga 44kbps per-channel koneksi tanpa user merasa perbedaan signifikan dengan metode konferensi video.
Keywords : virtual reality, pembelajaran jarak-jauh, e-learning, isolasi, metode pembelajaran hybrid
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | virtual reality, distance learning, e-learning, isolation, hybrid learning method |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 00:23 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 00:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18981 |