PENERAPAN EMS PADA RUMAH DENGAN INTEGRASI PV GRID TIE DAN EV MENGGUNAKAN METODE MIXED-INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) = EMS APPLICATION AT HOME WITH INTEGRATION OF PV GRID TIED AND EV USING A MIXED-INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) FRAMEWORK


Bustanuddin, Ian Adrian (2021) PENERAPAN EMS PADA RUMAH DENGAN INTEGRASI PV GRID TIE DAN EV MENGGUNAKAN METODE MIXED-INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) = EMS APPLICATION AT HOME WITH INTEGRATION OF PV GRID TIED AND EV USING A MIXED-INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) FRAMEWORK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D032191007_tesis cover1.jpg

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D032191007_tesis bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D032191007_tesis daftar pustaka.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D032191007_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem manajemen energi adalah sistem otomasi yang mengumpulkan data pengukuran energi dari konsumen yang selanjutnya dapat terlihat dalam bentuk grafik dan menganalisis kualitas energi, sehingga terjadinya efisiensi dalam penggunaan energi listrik, terutama dalam pengembangan rumah pintar. Selain itu, strategi respon permintaan pada konsumen rumah tangga dan perkembangan sistem kelistrikan telah mendorong sistem manajemen energi memiliki peran penting dalam efektivitas dan efisiensi rumah pintar. Selanjutnya, integrasi sumber energi terbarukan skala kecil, kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi menjadi perhatian dalam dekade terakhir. Adapun motivasi dalam penyusunan penelitian ini adalah target atas penggunaan sumber energi terbarukan maupun penggunaan komponen kendaraan listrik di Indonesia dan peluang memanfaatkan kendaraan listrik sebagai teknologi penyimpanan. Untuk itu, penelitian ini berfokus pada pemodelan sistem energi manajemen pada rumah tangga dengan menggunakan metode Mixed-integer linear programming (MILP). Selain itu, dampak ekonomi dari konsumen rumah tangga dimana penggunaan fotovoltaik sebagai sumber energi terbarukan skala kecil dan kendaraan listrik sebagai jenis beban baru pada rumah tangga juga menjadi perhatian khusus dalam penelitian ini. Sistem manajemen energi pada rumah tangga yang dibuat juga memperlihatkan kemampuan kendaraan listrik yang dapat melakukan transaksi energi listrik seperti kendaraan menyuplai energi ke rumah (V2H) dan menyuplai energi ke jaringan utilitas (V2G). Penelitian ini membandingkan hasil dari penerapan sistem energi manajemen pada rumah tangga dengan pola normal dalam konsumsi listrik dari konsumen rumah tangga. Sehingga hasil yang didapatkan memperlihatkan pengurangan biaya sebesar 23,2%.

Keywords : fotovoltaik, PLTS, kendaraan listrik, energi manajemen sistem, smart home, smart grid

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:11
Last Modified: 29 Sep 2022 00:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18977

Actions (login required)

View Item
View Item