PENGARUH DIMENSI QUALITY OF NURSING WORK LIFE TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PERAWAT RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ANANDA = THE EFFECT OF QUALITY OF NURSING WORK LIFE DIMENSIONS ON TURNOVER INTENTION IN NURSES MOTHER AND CHILD HOSPITAL OF ANANDA


Azhar, Azhar (2022) PENGARUH DIMENSI QUALITY OF NURSING WORK LIFE TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PERAWAT RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ANANDA = THE EFFECT OF QUALITY OF NURSING WORK LIFE DIMENSIONS ON TURNOVER INTENTION IN NURSES MOTHER AND CHILD HOSPITAL OF ANANDA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181148_tesis_02-09-2022 cover1.png

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181148_tesis_02-09- 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181148_tesis_02-09-2022 dp.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181148_tesis_02-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Quality of Nursing Work Life merupakan istilah untuk keseimbangan kehidupan personal dan profesional yang menjadi usaha berkelanjutan bagi sebagian besar tenaga kesehatan, termasuk perawat (Chittenden, & Ritchie, 2011). Quality of nursing work life di rumah sakit yang sangat rendah akan mengakibatkan tingginya ketidakhadiran perawat dan turnover. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi quality nursing of work life terhadap turnover intention perawat RSIA Ananda.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat yang bekerja di RSIA Ananda sebanyak 70 perawat yang merupakan representative perawat RS pemerintah.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang bermakna secara statistik worklife/homelife dimension terhadap turnover intention, ada pengaruh yang bermakna secara statistik work design dimension terhadap turnover intention, ada pengaruh yang bermakna secara statistik work context dimension terhadap turnover intention, ada pengaruh yang bermakna secara statistik work world dimension terhadap turnover intention dan worklife/homelife dimension adalah dimensi yang paling berpengaruh terhadap turnover intention. Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit dapat meninjau kembali tentang situasi lingkungan pekerjaan perawat guna meningkatkan kualitas kehidupan kerjanya dan komitmen terhadap organisasi di rumah sakit serta dapat lebih memperhatikan kembali pemenuhan kebutuhan pribadi perawat.

Keywords : Quality of Nursing Work Life, Turnover Intention, Perawat

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Quality of Nursing Work Life, Turnover Intention, Perawat
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Sep 2022 01:29
Last Modified: 27 Sep 2022 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18932

Actions (login required)

View Item
View Item