Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan UMKM Olahan Hasil Perikanan (Studi Kasus Pada UMKM Pempek di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan)” = "Factors Affecting Sales Volume of Processed Fishery Products SMEs (Case Study on Pempek SMEs in Biringkanaya District, Makassar City, South Sulawesi Province)"


Tolinggi`, Volinda (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan UMKM Olahan Hasil Perikanan (Studi Kasus Pada UMKM Pempek di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan)” = "Factors Affecting Sales Volume of Processed Fishery Products SMEs (Case Study on Pempek SMEs in Biringkanaya District, Makassar City, South Sulawesi Province)". Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041181318_skripsi_01-09-2022 cover1.png

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041181318_skripsi_01-09-2022 1-2.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041181318_skripsi_01-09-2022 dp.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041181318_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar omzet penjualan dan faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada UMKM Pempek yang ada di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April tahun 2022 di Kecamatan Biringkanaya. Kota Makassar. Penentuan responden menggunakan Teknik Accidential Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa harga, harga produk lain, pendapatan, selera konsumen berpengaruh terhadap volume penjualan pada UMKM Pempek di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Hasil koefisien determinasi 0.636 yang berarti 63.6% volume penjualan dipengaruhi oleh variabel harga produk (X1), harga produk lain (X2), pendapatan perkapita (X3), selera atau kebiasaan (X4), jumlah penduduk (X5) dan periklanan atau promosi (X6). Sedangkan sisanya sebesar 36.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimuat dalam model regresi pada penelitian ini tapi memiliki pengaruh terhadap volume penjualan pempek. Hasil uji F menunjukkan variabel harga, harga produk lain, pendapatan, selera konsumen, jumlah penduduk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga, harga produk lain, pendapatan dan selera konsumen berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan.

Keywords : Pempek, Volume Penjualan, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pempek, Sales Volume, Biringkanaya District Makassar City
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Sep 2022 06:59
Last Modified: 23 Sep 2022 06:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item
View Item