Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan Ikan Bandeng Di Kabupaten Pinrang ( Studi Kasus Olahan Ikan Bandeng) = Business Development Strategy For Processed Products Of UMK in Pinrang Regency(Case Study Of Processed Milkfish)


Agurhan, Nur Afiah Azizah (2022) Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan Ikan Bandeng Di Kabupaten Pinrang ( Studi Kasus Olahan Ikan Bandeng) = Business Development Strategy For Processed Products Of UMK in Pinrang Regency(Case Study Of Processed Milkfish). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041181305_skripsi_01-09-2022 cover1.png

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041181305_skripsi_01-09-2022 1-2.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041181305_skripsi_01-09-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041181305_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NUR AFIAH AZIZAH AGURHAN L041181305. “ Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan UMK di Kabupaten Pinrang ( Studi Kasus Olahan Ikan Bandeng) dibimbing oleh Dr. Sitti Fakhriyyah,S.Pi, M.Si sebagai pembimbing utama dan M. Chasyim Hasani, S.Pi, M.Si pembimbing anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal untuk mendapatkan strategi pengembangan usaha produk olahan UMK di Kabupaten Pinrang dalam hal ini adalah olahan ikan bandeng. penentuan informan dilakukan secara sengaja (purposive). Yang menjadi informan pada penelitian ini sebanyak 6 informan yaitu pemilik unit usaha yaitu: yang terdiri dari 3 unit usaha mikro dan 3 unit usaha kecil. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, yang diformulasikan melalui analisis SWOT. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis lingkungan dan identifikasi faktor internal dan ekternal pada skor pembobotan masing- masing pada unit usaha baik usaha mikro maupun usaha kecil strategi pengembangan usaha yang yang digunakan adalah strategi S-O (Strengths-Opportunities) yaitu: untuk usaha mikro dengan mengoptimalkan penggunaan bahan baku, memanfaatkan peluang pasar, meningkatkan sarana dan prasarana, dan meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Sedangkan untuk usah kecil yaitu mengoptimalkan penggunaan bahan baku, memanfaatkan peluang pasar, relasi, dan memanfaatkan lokasi yang strategis.

Kata kunci: Ikan Bandeng, Strategi, Pengembangan, Usaha, SWOT, Kabupaten Pinrang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Milkfish, Strategy, Development, Business, SWOT, Pinrang Regency
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:04
Last Modified: 23 Sep 2022 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item
View Item