perkembangan sistem peynyediaan air bersih di kota makassar tahun 1924-2006.


Afandi, Syarif (2007) perkembangan sistem peynyediaan air bersih di kota makassar tahun 1924-2006. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of full taxk] Text (full taxk)
AFANDY SYARIF.pdf

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Penelitian tentang perkembangan sistem penyediaan air bersih di Kota Makassar tahun 1924-2006, berada dalam kerangka tema arkeologi industri. Penelitian ini menggunakan konsep sistem penyediaan air bersih sebagai ilmu bantu dalam menelaah bukti artefaktual yang terdiri atas; kompenen sumber air baku (Intake), komponen jaringan transmisi air baku, komponen instalasi pengolahan air (IPA), dan komponen sarana distribusi air bersih di Kota Makassar. Penelitian ini tidak hanya berupaya menjelaskan perkembangan komponen fisik penyediaan air bersih, akan tetapi secara sistematis juga berupaya penjelaskan perkembangan jaringan distribusi (wilayah pelayanan) dan bentuk- bentuk penggunaan air bersih. Di samping itu penelitian ini perupaya menggambarkan faktor-faktor yang berpengaruh dalam perkembangan sistem penyediaan air bersih di Kota Makassar sejak tahun 1924-2006.
Dari segi perkembangan struktur fisik fasilitas pengolahan air bersih, penelitian menunjukkan bahwa sejak masa Kolonial Belanda tahun 1924 hingga tahun 2006, perubahan yang terjadi tidak begitu signifikan, sebab aspek bentuk, teknologi, maupun fungsi fasilitas-fasilitas penyediaan air yang dimaksud sering kali mengalami keterulangan. Demikian dalam proses penyediaan air bersih, jika merujuk pada konsep sistem penyediaan air yang diajukan Tchobsnoglous (1986), maka tahap-tahap pengolahan air yang dilakukan pada eseluruhan IPA— termasuk proses pengolahan air IPA Ratulangi pada masa Kolonial Belanda— kesemuanya dapat dikategorikan sebagai proses pengolahan air yang lengkap, yang dimulai dari proses prasedimentasi, proses koagulasi, proses sedimentasi, proses filtrasi, dan proses desinfeksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ilmu sastra
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:16
Last Modified: 23 Sep 2022 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18724

Actions (login required)

View Item
View Item