Mandowa, Rice (2022) INTERVENSI MOBILE APPLICATION TERHADAP PENINGKATKAN LITERASI NUTRISI IBU DENGAN ANAK STUNTING: A SYSTEMATIC REVIEW = MOBILE APPLICATION INTERVENTION ON IMPROVING NUTRITIONAL LITERATURE OF MOTHERS WITH STUNTING CHILDREN: A SYSTEMATIC REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
R012192004_tesis_29-08-2022 cover1.png
Download (148kB) | Preview
R012192004_tesis_29-08-2022 1-2.pdf
Download (2MB)
R012192004_tesis_29-08-2022 dp.pdf
Download (1MB)
R012192004_tesis_29-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Literasi nutrisi ibu yang kurang memiliki dampak yang tinggi pada kesehatan anak stunting. Kasus ini dapat diatasi dengan memberikan informasi pada ibu dengan bantuan mobile application. Tujuan review ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara sistematis intervensi mobile application terhadap literasi nutrisi ibu meliputi peningkatan pengetahuan,sikap dan praktek pemberian makan pada anak stunting. Metode: Systematic review digunakan, mengikuti pedoman PRISMA checklist, dengan kriteria inklusi; sampel anak stunting usia < 5 tahun, intervensi mobile application, mengukur pengetahuan, sikap dan praktek sebagian besar studi dalam tinjauan ini adalah desain Randomized Controlled Trial (RCT) dan Quasi Experimental, full text, berbahasa Inggris, dari tahun 2011-2021. Sebuah pencarian literatur sistematis dilakukan dengan menggunakan Pubmed, ProQuest, Cochrane Library, Scopus, CINAHL, dan garuda. Penilaian kulitas artikel dilakukan dengan mengunakan CASP, Cochran risk of bias dan John Hopkins. Sebanyak 11 studi dimasukkan dalam tinjauan sistematis memenuhi kriteria kelayakan. Hasil: Delapan artikel menggunakan study design randomized trial dan tiga artikel dengan study design kuasi eksperimental. Ada 3 bentuk dan media intervensi mobile application diantarnya: a) video aplikasi dan konseling, b) video aplikasi, konseling dan kunjungan rutin, dan c) video aplikasi, konseling, kunjungan rutin dan demostrasi. Kualitas artikel: empat artikel level IA, empat artikel level IB,dan tiga artikel level IIB. Tinjauan sistematis ini menunjukan bahwa intervensi mobile application secara signifikan meningkatkan literasi ibu terkait peningkatan pengetahuan,sikap dan praktek pada ibu dengan anak stunting, durasi mobile application yang digunakan tiap sesi 1 menit sampai 25 menit tiap minggu. Dengan konten aplikasi tentang prinsip gizi berdasarkan usia anak, pengenalan makanan pendamping dan makanan semi padat yang tepat sesuai usia, keragaman makanan dan memberikan makanan tambahan khusus serta pelatihan pemberian makanan bayi dan anak (PMBA). Pelaksana pemberi intervensi mobile application dilakukan oleh petugas kesehatan komunitas diantaranya dokter, bidan,perawat komunitas,petugas kesehatan desa dan petugas kesehatan masyarakat terlatih. Kesimpulan: Bentuk dan media intervensi video aplikasi dan konseling pada intervensi mobile application menunjukan dampak positif dalam peningkatan literasi nutrisi pada ibu meliputi pengetahuan, sikap, dan pratek pemberian makanan pada anak stunting dibawah 5 tahun.
Keywords : Ibu dengan anak stunting, literasi nutrisi, mobile application
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mothers with stunting children, nutritional literacy, mobile application |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18664 |