PENGARUH KOMPETENSI, PENERAPAN SAP, DAN PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KABUPATEN TORAJA UTARA)


Sulo, Antonius (2022) PENGARUH KOMPETENSI, PENERAPAN SAP, DAN PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KABUPATEN TORAJA UTARA). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A042202021_tesis_23-08-2022 cover1.png

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A042202021_tesis_23-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A042202021_tesis_23-08-2022 dp.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A042202021_tesis_23-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Antonius Sulo. Pengaruh Kompetensi, Penerapan SAP, Dan Peran Audit Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara) (dibimbing oleh Prof. Dr. Cepi Pahlevi, SE., M.Si, dan Bapak Dr. Asri Usman, SE., M.Si., Ak., CA).
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kualitas laporan keuangan Pemda Kabupaten Toraja Utara, Menganalisis pengaruh penerapan SAP terhadap kualitas laporan keuangan Pemda Kabupaten Toraja Utara, Menganalisis pengaruh peran audit internal terhadap kualitas laporan keuangan Pemda Kabupaten Toraja Utara. Sampel sebanyak 40 responden. Responden tersebut merupakan keseluruhan pegawai yang bekerja di pemerintah daerah Kabupaten Toraja Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dengan wawancara terhadap responden dan penelitian kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif memakai program SPSS versi 25.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Semakin baik kompetensi seorang pegawai pada Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara maka akan semakin menunjang Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, 2) Semakin baik penerapan SAPpada Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara maka akan semakin menunjang Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, 3) Semakin baik peran audit internal pada Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara maka akan semakin menunjang Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, dan 4) Peran kompetensi, penerapan SAP dan peran audit internal pada Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja berpengaruh secara stimulan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah daerah. Diharapkan pemerintah daerah dapat menerapkan standar akuntasi pemerintahan sebagaimana yang ada agar tercapainya tujuan yang ada, diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah agar dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya, penerapan SAP, dan peran audit internal yang lebih profesional, dan bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti hal yang sama dengan objek yang sama diharapkan untuk memperluas obyek penelitian, sehingga hasil penelitian bisa mewakili secara keseluruhan. Kemudian selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, seperti sistem pengendalian intern pemerintah, pemanfatan teknologi dan informasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:05
Last Modified: 22 Sep 2022 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item
View Item