PENGALAMAN PERAWAT BARU MERAWAT PASIEN COVID-19: STUDI KUALITATIF = NEW NURSES' EXPERIENCE CARING FOR COVID-19 PATIENTS: A QUALITATIVE STUDY


Iryanidar, Irma (2021) PENGALAMAN PERAWAT BARU MERAWAT PASIEN COVID-19: STUDI KUALITATIF = NEW NURSES' EXPERIENCE CARING FOR COVID-19 PATIENTS: A QUALITATIVE STUDY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012201012_tesis_24-08-2022 cover1.png

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012201012_tesis_24-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012201012_tesis_24-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012201012_tesis_24-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Penyebaran virus COVID-19 yang begitu cepat dan banyaknya kasus menyebabkan perawat baru dilibatkan dalam upaya penanggulangan COVID-19. Menjadi perawat COVID-19 bagi perawat baru merupakan masalah kompleks yang harus dihadapi dalam masa transisinya. Tantangan dan tekanan psikologis yang tinggi di ruang COVID-19 dapat menjadi kejutan yang menurunkan ketahanan perawat baru dalam merawat pasien COVID-19. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pengalaman perawat baru dalam merawat pasien COVID-19.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur dari 14 perawat baru dari enam rumah sakit rujukan COVID-19 di Indonesia. Sampel dijaring dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian dianalisis secara tematik analisis.
Hasil: Berdasarkan wawancara tentang pengalaman perawat baru merawat pasien COVID-19 diidentifikasi empat tema utama yaitu beban psikologis sebagai perawat baru, tantangan dalam merawat pasien COVID-19, resiliensi bekerja di ruang COVID-19 dan motivasi untuk tetap bekerja di masa pandemi COVID-19.
Kesimpulan: Pengalaman merawat pasien COVID-19 menghadirkan tantangan besar dan kejutan bagi perawat baru. Dibutuhkan sistem dukungan yang dapat membantu perawat baru menghadapi tekanan baik secara fisik maupun psikologis selama bekerja di ruang COVID-19. Pemberian pelatihan, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dari rumah sakit, adanya dukungan dari rekan kerja dan pemberian reward yang sesuai dapat membantu perawat baru untuk tetap bertahan dalam bekerja di ruang COVID-19.

Keywords : COVID-19, merawat, pengalaman, perawat baru, tantangan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Care, challenge, COVID-19, experience, new nurse
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:38
Last Modified: 21 Sep 2022 05:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18589

Actions (login required)

View Item
View Item