ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI SISTEM KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR


Saraswati, Nadia Arimbi (2021) ANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI SISTEM KOMPUTERISASI HAJI TERPADU (SISKOHAT) DALAM PELAYANAN HAJI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E051171506_skripsi_cover1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E051171506_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E051171506_skripsi_dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
E051171506_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

NADIA ARIMBI SARASWATI, Nomor Pokok E 051 171 506. Program Studi Ilmu Pemerintahan, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, menyusun Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan E-Government Melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Dalam Pelayanan Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Makassar” dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Juanda Nawawi, M. Si dan Dr. Indar Arifin, M. Si.
Penelitian ini bertujuan Untuk memberikan penjelasan mengenai kesuksesan penerapan e-Government melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dalam penyelenggara haji di Kantor Kementerian Agama Kota Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Lokasi Penelitian bertempat di Kantor Kementerian Agama kota Makassar, karena tempat tersebut merupakan pusat pelayanan haji untuk kota Makassar.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan e-Government melalui aplikasi SISKOHAT dilihat dari elemen Support yaitu SISKOHAT tercantum dalam PMA No. 14 Tahun 2012 yang merupakan jantung bagi pelayanan jamaah haji karena memudahkan jamaah melakukan pendaftaran, namun terdapat kendala dalam elemen ini, diantaranya hanya satu ruangan SISKOHAT karena terbatasnya lahan dan sosialisasi dilakukan kepada jamaah yang datang langsung di kantor. Kemudian elemen Capacity yaitu tersedianya sumber daya finansial dari negara dan segala perangkat yang menunjang dalam penerapan SISKOHAT, dan ketersediaan sumber daya manusianya terdapat 19 orang staff yang menangani pendaftaran haji dengan pembagian uraian tugas masing-masing. Selanjutnya elemen Value, yaitu memudahkan operator SISKOHAT dan masyarakat untuk memperoleh data maupun melakukan proses pendaftaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, e-Government, SISKOHAT
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:45
Last Modified: 29 Aug 2022 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18501

Actions (login required)

View Item
View Item