Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Karyawan Dengan Perilaku Kewargaan Organisasi Sebagai Variabel Mediasi pada PT. Borwita Citra Prima Makassar


Irfan, Muhamad (2022) Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Karyawan Dengan Perilaku Kewargaan Organisasi Sebagai Variabel Mediasi pada PT. Borwita Citra Prima Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A012202014_tesis_23-08-2022 cover1.png

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A012202014_tesis_23-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A012202014_tesis_23-08-2022 dp.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A012202014_tesis_23-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMMAD IRFAN. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Karyawan Dengan Perilaku Kewargaan Organisasi Sebagai Variabel Mediasi pada PT. Borwita Citra Prima Makassar (dibimbing oleh Osman Lewangka dan Yunus Amar)

Manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan salah satu sumber daya yag sangat penting dalam satu perusahaan, dan didalam Manajemen Sumber Daya Manusia juga merupakan cara untuk mendapatkan orang-orang yang mengisi organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Pengaruh kepuasan kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Borwita Citra Prima Makassar. 2. Pengaruh komitmen organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Borwita Citra Prima Makassar. 3. Pengaruh kepuasan kerja terhadap perilaku kewargaan orgnaisasi pada PT. Borwita Citra Prima Makassar. 4. Pengaruh komitmen organisasi terhadap perilaku kewargaan orgnaisasi pada PT. Borwita Citra Prima Makassar. 5. Pengaruh perilaku kewargaan organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Borwita Citra Prima Makassar.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yaitu menganalisis data dalam bentuk angka- angka kemudian membahasanya melalui perhitungan dari skor atau nilai rata- rata dari setiap variabel, kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik yang dilakukan untuk membuktikan pengaruh antara variabel dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada perusahaan Borwita Citra Prima Makasar. Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Kewargan Organisasi pada perusahaan Borwita Citra Prima Makasar. Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada perusahaan Borwita Citra Prima Makasar. Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi pada perusahaan Borwita Citra Prima Makasar. Perilaku Kewargan Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan pada perusahaan borwita citra prima makassar.
Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja karyawan, Komitmen karyawan, perilaku kewargaan organisasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:43
Last Modified: 29 Aug 2022 01:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item
View Item