GEDUNG KONSER DI KOTA MAKASSAR DENGAN KONSEP PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK


Putuhena, Tsanny M. A. Daud (2021) GEDUNG KONSER DI KOTA MAKASSAR DENGAN KONSEP PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D51114316_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51114316_skripsi cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D51114316_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D51114316_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Objek rancang didefinisikan sebagai Gedung yang secara khusus dirancang untuk mewadahi kegiatan konser musik yang berlokasi di kota Makassar, yang memiliki peran agar dapat mewadahi semua kegiatan yang dibutuhkan dalam sebuah event atau konser, mulai dari proses sebelum diadakannya konser (promosi dan pemasaran) sampai ke proses berakhirnya event atau konser itu sendiri. Secara arsitektural, bangunan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran gedung konser dalam penyelenggaraan event dengan cara mengoptimalkan sistem akustik, pengkondisian ruang, tata panggung dan visualisasi yang optimal.
Dalam proses dan perkembangan rancangan, arsitektur organik diangkat sebagai pendekatan yang selanjutnya mendasari dan mengendalikan tiap keputusan yang diambil perancang dalam menyelesaikan rancangan gedung konser ini. Arsitektur organik didefinisikan sebagai suatu iterpretasi dari prinsip-prinsip alam yang dimanifestasikan dalam bangunan yang selaras dengan lingkungan sekitar bangunan. Selanjutnya, perancang berusaha memasukkan sifat-sifat dari arsitektur organik tersebut dalam tiap aspek perancangan, seperti site planning, pemilihan bentuk dan penataan fasade, tata ruang dalam, serta struktur yang dipilih.
Selain aspek di atas, sebagai suatu gedung yang mewadahi kegiatan konser sebagai fungsi utamanya, aspek lain yang menjadi perhatian dalam proses perancangan ini adalah aspek akustik, terutama di dalam ruang konser/ consert hall. Akustik yang dimaksud adalah mulai dari material yang digunakan, sistem penguat suara, bentuk panggung, lantai, dinding, plafon, maupun bentuk ruang, dan posisi duduk audience. Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan kenyamanan dari pengguna ruang konser maupun pengguna gedung konser secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gedung Konser, Arsitektur Organik, Akustik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:19
Last Modified: 24 Aug 2022 03:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18401

Actions (login required)

View Item
View Item