PUSAT OLAHRAGA EKSTREM DI KOTA MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR FUTURISTIK


Arfa C, Muhammad Kim (2021) PUSAT OLAHRAGA EKSTREM DI KOTA MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR FUTURISTIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D51114306_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51114306_skripsi cover1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D51114306_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D51114306_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

Saat ini olahraga tidak hanya menjadi sebuah cara agar menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar tetapi juga menjadi tren (gaya hidup) bagi kebanyakan orang saat ini. Olahraga yang kemudian menjadi tren saat ini pun mengalami perkembangan yang pesat di berbagai cabang olahraga salah satunya, yaitu olahraga ekstrem.
Di kota Makassar, olahraga ekstrem mulai banyak diminati khususnya generasi muda Makassar yang menyatakan diri mereka untuk bergabung dalam berbagai komunitas olahraga ekstrim seperti, Matrac (Makassar Trail Adventure Community), Makassar Loser’s (Komunitas Skateboard Makassar), BMX Makassar, dan sebagainya. Seiring dengan banyaknya peminat dari olahraga ekstrem yang tergabung dalam berbagai komunitas, ternyata belum didukung dengan kondisi wadah dan tidak adanya wadah untuk penyaluran bakat dan berkompetisi.
Pusat Olahraga Ekstrem di kota Makassar Dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik merupakan sebuah wadah atau tempat (indoor) yang menyediakan fasilitas latihan, kompetisi dan lainnya untuk olahraga skateboard dan Wall Climbing yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi dan dapat memacu adrenalin dengan melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik tingkat tinggi, dan peralatan yang sangat khusus yang berlokasi di kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Gaya futuristik yang di terapkan pada bangunan merupakan salah satu gaya desain dalam arsitektur yang mengarah pada masa depan dengan bentuk yang dinamis dengan penggunaan teknologi sollar cell sebagai sumber energi cahaya tambahan sehingga dapat menghemat energi dan ramah lingkungan.
Hadirnya pusat olahraga ekstrem di kota makassar dengan pendekatan arsitektur futuristik diharapakan dapat menjadi tempat yang dapat mengembangkan kemampuan para atlet sehingga dapat berprestasi ditingkat nasional maupun internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Olahraga Ekstrem, Skatepark, Wall Climbing, Arsitektur Futuristik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:12
Last Modified: 24 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item
View Item