HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI UPTD PUSKESMAS TOSORA KABUPATEN WAJO = The Relationship between the Quality of Health Services and Outpatients for Non-Communicable Diseases at the UPTD of the Tosora Health Center, Wajo Regency


Jaya, Ika Bella Rezqi (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DI UPTD PUSKESMAS TOSORA KABUPATEN WAJO = The Relationship between the Quality of Health Services and Outpatients for Non-Communicable Diseases at the UPTD of the Tosora Health Center, Wajo Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181501_skripsi_18-08-2022 cover1.png

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181501_skripsi_18-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181501_skripsi_18-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181501_skripsi_18-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan dipahami sebagai pemenuhan kebutuhan pasien dan kualitas pelayanan yang diterima pasien dapat dinilai salah satunya berdasarkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah perasaan bahagia yang muncul pada diri seorang sehabis menerima pelayanan yang diterima atau dialam secara eksklusif atau menggunakan istilah lain tingkat perasaan seseorang pelanggan sehabis membandingkan kinerja atau output yang dirasakan.1 Tujuan: untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Penyakit Tidak Menular Puskesmas Tosora. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Penelitian dilakukan pada bulan April – Mei 2022. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi teknis (p=0.086), akses terhadap pelayanan (p=0.013), hubungan interpersonal (p=0,000),dam kenyamanan
(p=0,006). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan anatara variabel akses terhadap pelayanan, hubungan interpersonal, kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD Puskesmas Tosora. Sedangkan, tidak ada hubungan antara variabel kompetensi teknis dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD Puskesmas Tosora Kabupaten Wajo. Kesimpulan : Ada hubungan
antara faktor variabel akses terhadap pelayanan, hubungan interpersonal, dan kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD puskesmas Tosora Kabupaten Wajo. Saran penulis untuk pihak Puskesmas agar meningkatkan lagi mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien, sehingga dapat memberikan dampak kepuasan kepada pasien.

Keywords : Service Quality, Patient Satisfaction

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Technical Competence, Access to Services, Interpersonal Relations, Comfort, Patient Satisfaction
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:52
Last Modified: 24 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18378

Actions (login required)

View Item
View Item