PENGARUH KAPABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DIMEDIASI OLEH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) PADA KABUPATEN TORAJA UTARA


Tallulembang, Ayustianto (2022) PENGARUH KAPABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DIMEDIASI OLEH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) PADA KABUPATEN TORAJA UTARA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A042202008_tesis_15-08-2022 cover1.png

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A042202008_tesis_15-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A042202008_tesis_15-08-2022 dp.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A042202008_tesis_15-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ayustianto Tallulembang. Pengaruh Kapabilitas Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dimediasi Oleh Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Pada Kabupaten Toraja Utara. (Dibimbing oleh Syarifuddin dan Ratna A. Damayanti).
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut kapabilitas berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara baik secara langsung maupun pengaruh tidak langsung ketika dimediasi oleh penggunaan sistem informasi manajemen daerah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif untuk mendapatkan data yang obyektif, valid, dan reliabel dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan, sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah yang terjadi. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan Software SmartPLS.
Hasil penelitian menemukan bahwa kapabilitas pengguna sistem informasi dapat menunjang optimalisasi pemanfaatan sistem informasi manajemen daerah. Yang artinya apabila kapabilitas pegawai ditingkatkan maka penerapan sistem informasi manajemen daerah dapat dimaksimalkan; Pegawai yang berkapabilitas akan mampu menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dalam artian bahwa apabila kapabilitas pegawai ditingkatkan maka kualitas laporan keuangan juga akan semakin baik; Penerapan sistem informasi manajemen daerah mampu memberi dampak bagi terciptanya laporan keuangan yang berkualitas dalam artian bahwa apabila sistem informasi manajemen daerah diterapkan dengan baik maka akan mempermudah dan meningkatkan kualitas laporan keuangan; Kapabilitas pegawai dalam memanfaatkan sistem informasi manajemen daerah dapat menentukan kualitas laporan keuangan yang dihasilkan dalam artian bahwa penerapan sistem informasi manajemen daerah dapat memberikan pengaruh yang baik secara bersama-sama antara kapabilitas dan kualitas laporan keuangan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:42
Last Modified: 24 Aug 2022 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item
View Item