GEOLOGI DAERAH JOJJOLO DAN STUDI PROVENANCE BATUPASIR FORMASI WALANAE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA PROVINSI SULAWESI SELATAN


Burhan, Mohammad Junaedy (2021) GEOLOGI DAERAH JOJJOLO DAN STUDI PROVENANCE BATUPASIR FORMASI WALANAE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA PROVINSI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D61115309_skripsi cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D61115309_skripsi bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D61115309_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D61115309_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract (Abstrak)

Daerah penelitian termasuk dalam Lembar Ujung Pandang, Benteng dan Sinjai serta terletak pada daerah Jojjolo Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan dengan titik koordinat 120o10’48” BT – 120°15’46,8” BT (Bujur Timur) dan 05°20’2,4” LS – 05°24’00” LS (Lintang Selatan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi geologi pada daerah penelitian yang meliputi aspek geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, sejarah geologi dan potensi bahan galian dan secara khusus mengetahui jenis batupasir, batuan asal dan provenan batupasir daerah penelitian menggunakan metode pengamatan spot sampling dengan system acak (random) pada stasiun yang representatif serta analisis petrografi. Satuan bentangalam daerah penelitian terbagi menjadi dua yaitu satuan perdataran denudasional dan satuan perbukitan denudasional dengan tatanan stratigrafi terdiri atas tiga satuan yaitu satuan batupasir, satuan batugamping dan satuan aglomerat. Struktur geologi yang terdapat pada daerah penelitian diketahui berupa sesar geser Salo Bellulu dengan bahan galian berupa sirtu dan urugan. Batupasir daerah penelitian terbagi menjadi tiga yaitu lithic arkose, dan feldspathic litharenite. Berdasarkan jenis kuarsa, fragmen batuan dan mineral asosiasi, batuan asal batupasir daerah penelitian berasal dari batuan beku plutonik, batuan vulkanik, batuan sedimen dan batuan metamorf. Penentuan tipe provenan menggunakan diagram Qt-F-L. Hasil pengeplotan menunjukkan tipe provenan batupasir daerah penelitian adalah magmatic arc dan recycled orogenic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Formasi Walanae, Batupasir, Provenan, Magmatic arc dan Recycled orogenic
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Geologi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:16
Last Modified: 24 Aug 2022 01:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item
View Item