Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Tolak Pinggang Khas Bontonompo di Kabupaten Gowa = Analysis Of Consumer Satisfaction On Product Quality at Bontonompo Grilled Chicken Restaurant in Gowa Regency


Fortuna, Besse Rizky (2022) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Tolak Pinggang Khas Bontonompo di Kabupaten Gowa = Analysis Of Consumer Satisfaction On Product Quality at Bontonompo Grilled Chicken Restaurant in Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011181385_skripsi_05-08-2022 cover1.png

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181385_skripsi_05-08-2022 1-2.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181385_skripsi_05-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181385_skripsi_05-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kepuasan konsumen merupakan suatu keadaan dimana harapan konsumen terhadap suatu produk sesuai dengan kenyataan yang diterima. Dalam hal ini, konsumen akan merasa puas jika produk yang didapatkan berkualitas. Rumah Makan Ayam Bakar Tolak Pinggang merupakan usaha pada bidang kuliner yang menawarkan produk ayam tolak pinggang dengan berbagai varian. Oleh karena itu, rumah makan harus memberikan produk yang berkualitas sehingga dapat memuaskan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Tolak Pinggang Khas Bontonompo di Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret hingga April 2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi atribut kepentingan dan kinerja yang ditunjukkan dalam kuadran untuk memenuhi kepuasan konsumen, dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 94 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling berupa accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian IPA, diperoleh hasil bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya adalah atribut yang terdapat pada kuadran I, yaitu tampilan yang menarik. Atribut yang menjadi prioritas selanjutnya untuk diperbaiki adalah atribut yang berada pada kuadran III, yaitu menu makanan bervariasi, daya tarik penyajian produk, dan tampilan kemasan produk. Atribut-atribut tersebut perlu ditingkatkan kinerjanya sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen. Berdasarkan analisis CSI diperoleh nilai persentasi sebanyak 85,95% sehingga masuk dalam kategori index sangat memuaskan. Secara keseluruhan, kepuasan konsumen terhadap kualitas produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Tolak Pinggang Khas Bontonompo dapat dikatakan memuaskan.

Keywords : CSI, IPA, Kepuasan Konsumen, Kualitas produk, Rumah makan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Consumer satisfaction, CSI, IPA, Product quality, Restaurant
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Sosek Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:14
Last Modified: 24 Aug 2022 01:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18330

Actions (login required)

View Item
View Item