Marampa`, Tri Junianti Rimba (2022) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batua Kota Makassar = Factors Associated with the Quality of Health Services on Outpatient Satisfaction at Batua Health Center Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011181345_skripsi_22-07-2022 cover1.png
Download (128kB) | Preview
K011181345_skripsi_22-07-2022 1-2.pdf
Download (932kB)
K011181345_skripsi_22-07-2022 dp.pdf
Download (1MB)
K011181345_skripsi_22-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
TRI JUNIANTI RIMBA MARAMPA’ “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batua Kota Makassar”
(xvi+ 99 Halaman + 16 Tabel + 3 Gambar + 6 Lampiran)
Kualitas layanan merupakan ukuran terhadap tingkat layanan yang diberikan sesuai dengan harapan pelanggan. Penyelenggaraan pembangunan kesehatan meliputi upaya kesehatan dan sumber daya yang harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan guna untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, pemerintah telah membangun sarana dan prasarana pendukung yang salah satunya adalah Puskesmas. Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan dapat dilakukan dengan cara membandingkannya dengan standar pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5.414 orang yang merupakan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 94 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tanya jawab dengan responden menggunakan alat bantu kuesioner. Kemudian data dianalisis menggunakan SPSS.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara akses/keterjangkauan terhadap pelayanan dengan kepuasan pasien dengan nilai p=0,328 (p >0,05), ada hubungan antara efisiensi dengan kepuasan pasien dengan nilai p=0,001 (p<0,05), ada hubungan antara hubungan antarmanusia dengan kepuasan pasien dengan nilai p=0,000 (p<0,05), tidak ada hubungan antara kenyamanan dengan kepuasan pasien dengan nilai p=0,375 (p>0,05), ada hubungan antara ketepatan waktu dengan kepuasan pasien dengan nilai p=0,004 (p<0,05) pada pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari lima variabel yang telah diuji terdapat 3 variabel yang memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien yaitu variabel efisiensi, hubungan antarmanusia, dan ketepatan waktu. Sedangkan untuk variabel akses / keterjangkauan dan kenyamanan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, kepuasan, puskesmas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service quality, satisfaction, puskesmas |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 01:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 01:30 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18246 |