Umran, Nabila Savitri (2020) Komunikasi Antarpribadi Pimpinan dan Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Jakarta 2. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E31116514_skripsi COVER1.png
Download (54kB) | Preview
E31116514_skripsi 1-2.pdf
Download (687kB)
E31116514_skripsi DP.pdf
Download (400kB)
E31116514_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
NABILA SAVITRI UMRAN. Komunikasi Antarpribadi Pimpinan dan Karyawan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Jakarta 2. Dibimbing oleh Kahar dan Mursalim.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi antarpribadi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja PT Bank Rakyat. Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Jakarta 2; (2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala komunikasi antarpribadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Jakarta 2
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan menyajikan data dalam bentuk deskripsi berupa naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat, dan gagasan yang dikumpulkan peneliti dari berbagai sumber. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Jakarta 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi antarpribadi pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja karyawan yang ditetapkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Jakarta 2 meliput: 1) keterbukaan 2) empati 3) dukungan 4) rasa positif 5) kesetaraan. Penelitian ini menemukan bahwa dalam meningkatkan kinerja karyawan, dibutuhkan aspek komunikasi antarpribadi tersebut demi menjalin hubungan antar pimpinan dan karyawan dan mempertahakan nama sebuah perusahaan. Selain itu, peneliti menemukan bahwa hubungan yang baik antar pimpinan dan karyawan berpengaruh dengan kenyamanan karyawan dalam meningkatkan kinerja karena adanya hubungan yang harmonis anta sesama, empati-empati yang diberikan oleh pimpinan sehingga karyawan merasa nyaman. Oleh karenanya karyawan ingin memberikan kinerja yang terbaik untuk perusahaan. Peneliti menemukan bahwa adanya kendala-kendala komunikasi antarpribadi tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja karyawan karena dapat dengan mudah diatasi, dikarenakan hubungan yang telah terjalin baik satu sama lain antara pimpinan dan karyawan.
Kata kunci: Komunikasi Antarpribadi, Pimpinan, Karyawan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Meningkatkan Kinerja Karyawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 00:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1821 |