Kansi, Muhammad Tahriir Islam (2022) Pengaruh Promosi Melalui Instagram terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening di Maxs Barbershop. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012202060_tesis_12-08-2022 cover1.png
Download (193kB) | Preview
A012202060_tesis_12-08-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
A012202060_tesis_12-08-2022 dp.pdf
Download (571kB)
A012202060_tesis_12-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
MUHAMMAD TAHRIIR ISLAM KANSI. Pengaruh Promosi Melalui Instagram terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening di Maxs Barbershop. (Dibimbing oleh Nuraeni Kadir dan Abdul Razak Munir)
Promosi melalui instagram, merupakan faktor penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian atau pemakaian jasa suatu produk. Kesuksesan Maxs Barbershop mendapatkan pelanggan tidak lepas dari peran promosi. Promosi yang ditawarkan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dengan cara-cara yang dilakukan harus dapat menarik setiap konsumen yang ada dengan melakukan strategi pemasaran yang baik.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi melalui instagram terhadap kepuasan konsumen, promosi melalui instagram terhadap loyalitas, kepuasan konsumen terhadap loyalitas, dan promosi melalui instagram terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen pada Maxs Barbershop Sengkang Kabupaten Wajo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah konsumen Maxs Barbershop sebanyak 840 orang dalam satu bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling dengan jumlah sampel 271 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis analisis jalur (path) dengan bantuan regresi sederhana dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pengaruh promosi melalui instagram terhadap kepuasan konsumen diperoleh koefisien jalur 0,665 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 (2) Pengaruh promosi melalui instagram diperoleh terhadap loyalitas konsumen diperoleh koefisien jalur 0,322 dengan tingkat signifikan 0,000 (3) Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen diperoleh koefisien jalur dengan tingkat signifikan 0,000 (4) Promosi melalui instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening karena nilai nilai pengaruh tidak langsung (33,45%) lebih besar dari pengaruh tidak langsung (32,20% dengan tingkat signifikan 0,00 berdasarkan uji sobel.
Kesimpulan dalam penelitian ini (1) Promosi melalui instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) Promosi melalui instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas, (3) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas, (4) Promosi melalui instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Kata Kunci : Promosi melalui instagram, kepuasan konsumen, Loyalitas
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 03:18 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 03:18 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18185 |