ANALISIS KONFIGURASI RUANG RUMAH TERAPUNG BOLA RAI’ DI DANAU TEMPE SULAWESI SELATAN = Space Analytic Configuration of Bola Rai' Floating Houses at Lake Tempe South Sulawesi


Taufiq, Amila Mufliha Budi (2021) ANALISIS KONFIGURASI RUANG RUMAH TERAPUNG BOLA RAI’ DI DANAU TEMPE SULAWESI SELATAN = Space Analytic Configuration of Bola Rai' Floating Houses at Lake Tempe South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51116510_skripsi_Cover1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51116510_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51116510_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51116510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Sebagian besar rumah bugis yang ada di Sulawesi Selatan berdiri di atas daratan dengan menggunakan konstruksi panggung namun salah satu daerah di Sulawesi Selatan tepatnya di Danau Tempe Kabupaten Wajo memiliki hunian dengan keunikan tersendiri karena mengapung di atas permukaan air yang di kenal sebagai Bola Rai’ atau rumah terapung, perbedaan keduanya disebabkan karena aktivitas penghuni dengan kebutuhan ruang yang dibutuhkan oleh mereka yang hidup di rumah terapung Bola Rai’ dan mereka yang berada di daratan seperti masyarakat pada umumnya, sehingga menjadi penting untuk mengetahui dan mengidentifikasi bentuk ruang-ruang rumah terapung dan bagaimana pola hubungan ruang yang terbentuk dari dalam hunian Bola Rai’ tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan metode perhitungan Space Syntax secara manual yang meliputi perhitungan total depth, mean depth, relative asymmetry dan real relative asymmetry dengan parameter connectivity, integrity dan intelligibility. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, dokumentasi rumah dan wawancara kepada penghuni rumah terapung di Danau Tempe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang-ruang yang ada sebagian besar mencirikan arsitektur rumah bugis yang terdiri dari rakit, lego-lego (teras), ruang bersama, ruang penyimpanan, ruang tidur, dapureng (dapur), ruang pengolahan ikan, kandang ternak dan WC/KM. Secara umum pola hubungan ruang memiliki konektivitas antar ruang yang terintegrasi dengan baik dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara connectivity dan integrity.

Keywords : Connectivity, integrity, intelligibility, Rumah terapung, Space Syntax.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Connectivity, integrity, intelligibility, floating house, Space Syntax
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:49
Last Modified: 22 Aug 2022 02:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18158

Actions (login required)

View Item
View Item