ANALISIS PENENTUAN LOKASI POTENSIAL PENGEMBANGAN FASILITAS PARKIR PADA KAWASAN PERDAGANGAN KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF DETERMINING POTENTIAL LOCATIONS IN THE DEVELOPMENT OF PARKING FACILITIES IN THE TRADING AREA OF WAJO DISTRICT, MAKASSAR CITY


Rosmiaty, Rosmiaty (2021) ANALISIS PENENTUAN LOKASI POTENSIAL PENGEMBANGAN FASILITAS PARKIR PADA KAWASAN PERDAGANGAN KECAMATAN WAJO KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF DETERMINING POTENTIAL LOCATIONS IN THE DEVELOPMENT OF PARKING FACILITIES IN THE TRADING AREA OF WAJO DISTRICT, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52116304_skripsi_cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52116304_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52116304_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52116304_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Kecamatan Wajo ditetapkan sebagai kawasan pusat perdagangan dan jasa dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Makassar sehingga menarik banyak pengunjung dan berdampak pada meningkatnya kebutuhan parkir. Permasalahan yang terjadi ditemukannya kendaraan parkir pada badan jalan yang melanggar aturan seperti parkir pada jalan arteri, jalur pedestrian, dan parkir pada jarak kurang 25 meter dari persimpangan jalan sehingga menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas di beberapa ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi potensial dan arahan pengembangan fasilitas parkir off-street pada kawasan perdagangan dengan memaksimalkan lahan yang terbatas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan pada bulan Maret – November 2020. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dokumentasi, dan studi literatur. Penentuan lokasi potensial parkir dilakukan dengan bantuan aplikasi ArcGis berbasis Grid. Hasil penelitian ini berupa peta kondisi persebaran parkir berdasarkan penempatan, pola parkir, dan pelanggaran parkir. Dari hasil analisis grid didapatkan 198 unit grid yang dianggap sangat potensial dan terbagi menjadi lima kelompok sebaran. Arahan pengembangan fasilitas parkir off-street disarankan dengan penerapan vertical rotary parking system, soul parking system, puzzle parking system, tower parking system, dan lift parking system serta perlu adanya tindakan tegas seperti pemberian sanksi tilang maupun denda bagi pengguna kendaraan yang melanggar peraturan undang-udang terkait parkir.

Keywords : Penentuan lokasi, Parkir, ArcGIS berbasis Grid, Wajo, Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penentuan lokasi, Parkir, ArcGIS berbasis Grid, Wajo, Makassar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:35
Last Modified: 18 Aug 2022 07:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item
View Item