Efektivitas Penggunaan Aplikasi Sistem Pelayanan dan Konsultasi Terpadu (SIPAKATAU) terhadap Kualitas Pelayanan Perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar


Umar, Nurul Wahda (2020) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Sistem Pelayanan dan Konsultasi Terpadu (SIPAKATAU) terhadap Kualitas Pelayanan Perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022181022_tesis COVER1.png

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022181022_tesis 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022181022_tesis DP.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022181022_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa jauh efektivitas penggunaan aplikasi Sistem Pelayanan dan Konsultasi Terpadu (SIPAKATAU) terhadap kualitas pelayanan perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar dan untuk mengetahui pengaruh indikator dari kualitas sistem aplikasi SIPAKATAU terhadap kualitas pelayanan perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat evaluatif yang terpusat pada rekomendasi akhir yang menegaskan bahwa objek evaluasi dapat dipertahankan, ditingkatkan, diperbaiki, atau bahkan diberhentikan sejalan dengan data yang diperoleh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner terhadap sampel Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar yang aktif menggunakan aplikasi SIPAKATAU yaitu sebanyak 105 Wajib Pajak. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah Probability Sampling dengan teknik Cluster Sampling yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar 5% yang diolah menggunakan IBM SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan pada indikator kualitas sistem aplikasi SIPAKATAU diketahui bahwa responden yang menjawab sangat tinggi sebanyak 52 responden (49,5%), yang menjawab tinggi sebanyak 52 responden (49,5%), dan menjawab cukup tinggi hanya 1 responden (1,0%). Hal ini berarti bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa kualitas sistem aplikasi SIPAKATAU secara keseluruhan dianggap sangat tinggi. Adapun pada indikator kualitas layanan aplikasi SIPAKATAU diketahui bahwa responden yang menjawab sangat tinggi sebanyak 49 responden (46,7%), yang menjawab tinggi sebanyak 50 responden (47,6%), dan menjawab cukup tinggi hanya 6 responden (5,7%). Hal ini berarti bahwa mayoritas responden menyatakan kualitas pelayanan perpajakan dengan diterapkannya aplikasi SIPAKATAU secara keseluruhan dapat dinilai tinggi. Adapun hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektivitas kualitas sistem terhadap kualitas layanan dengan nilai signifikan 0,001<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi SIPAKATAU terhadap kualitas pelayanan perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar dapat berjalan efektif.
Keywords: Aplikasi, Teknologi Komunikasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Konsultasi, Pelayanan Pajak, Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:22
Last Modified: 04 Jan 2021 06:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item
View Item