KINERJA PELAYANAN OPERASIONAL BONGKAR MUAT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DI MAKASSAR NEW PORT = PERFORMANCE OF LOADING OPERATING SERVICES WITH BALANCED SCORECARD APPROACH IN MAKASSAR NEW PORT


Jusman, Nurjurana (2021) KINERJA PELAYANAN OPERASIONAL BONGKAR MUAT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DI MAKASSAR NEW PORT = PERFORMANCE OF LOADING OPERATING SERVICES WITH BALANCED SCORECARD APPROACH IN MAKASSAR NEW PORT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081171008_skripsi_cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081171008_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081171008_skripsi_dp.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081171008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Nurjurana Jusman, D081171008 “Kinerja Pelayanan Operasional Bongkar Muat Dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Makassar New Port”. Di bawah bimbingan Ashury, S.T., M.T. dan Habibi, S.T., M.T.
Makassar New Port atau biasa disingkat dengan MNP harus memiliki pengukuran kinerja yang terukur dan mampu mencerminkan aspek keuangan dan non keuangan yang digabung dalam satu pendekatan yang dinamakan balanced scorecard serta bertujuan untuk menyusun pengukuran kinerja MNP dengan mengimplementasikan balanced scorecard.
Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif yang akan menghasilkan data kuantitatif, dengan menggunakan data primer diambil dengan cara wawancara kepada narasumber Deputy General Manager of Operation and Commercial MNP dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan dua jenis responden yaitu karyawan MNP dan pengguna jasa. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diambil dari data keuangan, data karyawan dan data operasional bongkar muat MNP tahun 2020, penelitian ini dilaksanakan di Makassar New Port serta perusahaan pengguna jasa yang ada di Makassar diantaranya TEMAS Line, MERATUS Line dan SPIL. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan balanced scorecard dengan menggunakan empat perspektif diantaranya adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan dalam hal ini pengguna jasa, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Hasil penelitian pada perspektif keuangan menunjukkan nilai dari profit margin yang fluktuatif pada setiap bulannya di tahun 2020. Perspektif pengguna jasa ditunjukkan dengan indikator kepuasan pelanggan menghasilkan tingkat kepuasan kategori sangat baik dengan persentase 81%, peningkatan ship call berkaitan dengan perspektif keuangan yang nilainya fluktiatif. Perspektif proses bisnis internal dihitung dengan indikator TRT, BOR, YOR, BCH, BSH, arus tingkat bongkar muat dan utilitas peralatan MNP dengan membandingkan nilai dari standar kinerja yang telah ditentukan oleh DIRJEN Perhubungan Laut termasuk dalam kategori baik. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dihitung dengan kepuasan kinerja karyawan MNP menghasilkan kategori yang sangat baik dengan persentase sebesar 78%. Dari hasil keseluruhan perspektif maka implementasi balanced scorecard menghasilkan kinerja MNP dengan hasil rata-rata baik.

Kata Kunci: Makassar New Port, Kinerja Pelabuhan, Balanced Scorecard

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:06
Last Modified: 16 Aug 2022 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18009

Actions (login required)

View Item
View Item