Analisis Efisiensi Healthcare Supply Chain dalam Kontkes Ergonomi Makro dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis = Healthcare Supply Chain Efficiency Analysis in Macro Ergonomic Context with Data Envelopment Analysis Approach


Djistyka, Nydia Indah (2021) Analisis Efisiensi Healthcare Supply Chain dalam Kontkes Ergonomi Makro dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis = Healthcare Supply Chain Efficiency Analysis in Macro Ergonomic Context with Data Envelopment Analysis Approach. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071171509_skripsi_cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071171509_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071171509_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071171509_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Manusia memiliki peran penting dalam proses supply chain. Proses supply di Industri Healthcare memiliki keunikan dan tantangan tersendiri untuk mencapai performansi yang baik. RSUD Kolonodale merupakan instansi kesehatan yang melayani masyarakat di Morowali Utara. Salah satu masalah yang sering di hadapi oleh Rumah Sakit yaitu sering terlambatnya distribusi healthcare, terlambatnya proses permintaan atau pengadaan healthcare, ketidakpastian jumlah kebutuhan pasien, dan banyak masalah lainnya. Dalam proses supply chain, manusia salah satu sumber daya yang penting, ketika manusia tidak melakukan tugasnya dengan optimal maka performansi dalam supply chain juga akan menurun. Penelitian ini bertujuan meghitung efisiensi pihak yang terlibat atau human factor dalam proses healthcare supply chain khususnya Obat dan Bahan Medis Habis Pakai dalam konteks Ergonomi Makro agar kinerja pelayanan di RSUD Kolonodale menjadi lebih baik. Untuk mengukur efisiensi pihak yang terlibat atau Decision Making Unit (DMU) dalam penelitian ini digunakan metode Data Envelopment Analysis model Variable Return to Scale untuk mengetahui pihak yang efisien dan unefisien dalam melakukan pekerjaannya dan dilakukan analisis sensitivitas untuk mengetahui indikator yang paling mempengaruhi nilai efisiensi tersebut. Dengan DEA, DMU yang bernilai = 1 dikatakan efisien sedangkan < 1 belum efisien. Kemudian, dari hasil analisis diketahui nilai efisiensi banyak dipengaruhi oleh kekuatan mental dengan nilai efisiensi 0,877 dan kondisi fisik dengan nilai efisiensi 0,824 sehingga perlu dilakukan strategi untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Kata Kunci: Healthcare Supply Chain, Ergonomi Makro, Data Envelopment Analysis, Analisa Sensitivity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:16
Last Modified: 15 Aug 2022 07:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item
View Item