Analisis Beban Kerja Mental Guru Sekolah Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Nasa-TLX dan RSME = The Teacher’s Mental Workload Analysis Using the NASA-TLX and RSME Methods


Pratiwi, Syatila Aticha (2021) Analisis Beban Kerja Mental Guru Sekolah Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Nasa-TLX dan RSME = The Teacher’s Mental Workload Analysis Using the NASA-TLX and RSME Methods. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071171006_skripsi_cover1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071171006_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071171006_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071171006_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem pendidikan melalui proses belajar mengajar mengalami dampak dari wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sehingga, proses belajar mengajar tatap muka kini harus beralih menjadi pembelajaran daring. Dengan adanya pengalihan sistem pembelajaran ini mengakibatkan kendala atau hambatan yang menyebabkan ketidaksesuaian dengan pembelajaran yang seharusnya. Hal ini menyebabkan guru sebagai tenaga pendidik mengalami peningkatan tuntutan kerja yang bersifat kognitif yang didefinisikan sebagai beban kerja mental. Beban kerja mental dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kerja mental yang dialami guru sekolah saat pembelajaran daring dan menganalisis hubungan antara nilai beban kerja mental dengan faktor penyebabnya. Kuesioner NASA-TLX dan RSME digunakan sebagai instrumen pengukuran subjektif. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan SPSS untuk mengetahui uji normalitas dan korelasi Rank-Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata beban kerja mental yang dialami guru sekolah saat pembelajaran daring dengan metode NASA-TLX sebesar 75,54 (tinggi) dan dengan metode RSME sebesar 96,85 (usaha yang dilakukan besar). Adapun hasil uji korelasi Rank-Spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkatan jenjang mengajar dan akreditasi sekolah terhadap nilai beban kerja mental (nilai WWL). Dan terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, tingkatan jenjang mengajar dan akreditasi sekolah terhadap nilai beban kerja mental (nilai RSME). Penggunaan metode Nasa-TLX dan RSME menghasilkan hasil yang sebanding dengan signifikansi p = 0,000 dan koefisien korelasi r = 0,422.

Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Guru, Covid-19, Nasa-TLX, RSME.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:46
Last Modified: 15 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17997

Actions (login required)

View Item
View Item