Analisis Kekuatan Anchor Crown Shackle pada FPU Madura Strait dengan Variasi Sudut Mooring Line


Ismail, Imam Abadi Ibnu (2021) Analisis Kekuatan Anchor Crown Shackle pada FPU Madura Strait dengan Variasi Sudut Mooring Line. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D081171311_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D081171311_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081171311_skripsi_cover1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D081171311_skripsi_dp.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Floating produciton unit Madura Strait yang akan disingkat FPU adalah suatu struktur terapung yang berfungsi sebagai unit produksi minyak dan gas yang akan diletakkan pada selat madura yang akan ditambatkan secara catenary kepada jangkar di dasar laut. Selama pengoperasiannya FPU akan mengalami pergerakan secara terus menerus akibat hasil respon terhadap beban dinamis yang menghantamnya. Hal ini akan berisiko kepada gagalnya mooring line. Selain mooring line, kekuatan penyambung rantai juga menjadi salah satu struktur yang mesti diperhatikan, yaitu anchor crown shackle dan conecting link. Dalam penelitian kali ini bertujuan menganalisa kekuatan dari anchor crown shackle dan connecting link, yang didahulukan dengan mencari nilai tension terbesar dengan melakukan analisa time domain terhadap mooring line dengan variasi beberapa sudut antar mooring line pada kondisi ULS dan ALS. Hasil analisanya menunjukkan bahwa variasi sudut antar mooring line sebesar 5° adalah yang paling aman bagi FPU karena memiliki akumulasi nilai RAO yang rendah dan safety factor mooring line yang paling tinggi secara akumulasi dalam kondisi ALS dan ULS dibanding variasi yang lain. Untuk kekuatan anchor crown shackle dan connecting link, hasil analisa dengan menggunakan beban sebesar 2500kN akibat tension maksimum yang dihasilkan oleh mooring line pada kondisi ALS menunjukkan nilai tegangan maksimum 278.54 Mpa yang berarti nilainya lebih kecil dari 90% yield strength material (417.42 Mpa) dan deformasi terbesar 0.00024 m untuk anchor crown shackle dan 0.00034 untuk connecting link yang berarti masing – masing nilainya kurang dari 5% diameter struktur (0.01 m) sehingga struktur tersebut dapat dikatakan aman menurut standar yang diizinkan oleh ABS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FPU, tension, RAO, von mises stress, anchor crown shacle, connecting link.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:38
Last Modified: 10 Aug 2022 03:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item
View Item