KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MAMUJU = QUALITY OF SERVICE IN THE MANUFACTURING OF LAND CERTIFICATES AT THE OFFICE OF LAND IN MAMUJU REGENCY


Aswani, Andi Arini (2022) KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MAMUJU = QUALITY OF SERVICE IN THE MANUFACTURING OF LAND CERTIFICATES AT THE OFFICE OF LAND IN MAMUJU REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181518_skripsi_cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181518_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181518_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181518_skripsi_09-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI ARINI ASWANI (E011181518), Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah Di Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju. 106 Halaman + 5 Gambar + 2 Tabel + 44 Kepustakaan (1960-2020) + 5 Lampiran + Dibimbing Oleh Bapak Muhammad Yunus dan Ibu Syahribulan.

Sertifikat tanah merupakan komponen terpenting yang harus diprioritaskan dalam pengurusannya karena menyangkut kepastian hukum atas hak milik tanah seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju. Mengingat Kantor Pertanahan merupakan instansi pemerintah yang memberikan pelayanan sertifikat tanah, maka dibutuhkan pelayanan yang berkualitas agar masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah mau mensertifikat tanahnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, obsevasi partisipatif dan studi dokumentasi. Adapun indikator yang digunakan adalah (1) Bukti langsung (2) Kehandalan (3) Daya tanggap (4) Jaminan (5) Empati.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan hanya saja dari fasilitas terlihat belum cukup baik dan masih banyak keluhan lamanya proses pengerjaan pembuatan sertifikat tanah yang disebabkan gangguan jaringan.

Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Sertifikat Tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:36
Last Modified: 10 Aug 2022 03:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17913

Actions (login required)

View Item
View Item