Efektivitas Penerapan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Melalui Pengawasan CCTV Lalu Lintas Dalam Upaya Penertiban Pengguna Jalan di Kota Makassar = The Effectiveness of the Implementation of the Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) System through Traffic CCTV Monitoring in an Effort to Control Road Users in Makassar City


Hasmita, Hasmita (2021) Efektivitas Penerapan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Melalui Pengawasan CCTV Lalu Lintas Dalam Upaya Penertiban Pengguna Jalan di Kota Makassar = The Effectiveness of the Implementation of the Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) System through Traffic CCTV Monitoring in an Effort to Control Road Users in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171519_skripsi_cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171519_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171519_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171519_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Hasmita (E011171519). Efektivitas Penerapan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Melalui pengawasan CCTV Lalu Lintas dalam Upaya Penertiban Pengguna Jalan di Kota Makassar. Pembimbing I: Sulaiman Asang dan Pembimbing II: Badu Ahmad
seiring perkembangan teknologi pemerintah pun membuat peraturan tilang elektronik yang dibantu dengan pengawasan CCTV lalu lintas. Dari persoalan tersebut diangkatlah tema penelitian ini yang berfokus pada Efektivitas Penerapan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dalam upaya penertiban pengguna jalan di Kota Makassar. Adapaun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan tilang elektronik dengan pengawasan CCTV lalu lintas di Kota Makassar?.
Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah masyarakat Kota Makassar, Polisi lalu lintas Polrestabes Makassar bagian Operator Posko ETLE dan Operator Back Office ETLE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Dalam pembahasannya terkait pengolahan data ialah digunakan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan teori Duncan dalam Steers dengan 3 indikator dalam mengukur efektivitas tilang elektronik, yakni pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. maka penulis menarik kesimpulan bahwa tilang elektronik belum beroperasi secara efektif untuk menertibkan pengguna jalan di Kota Makassar sehingga dapat membangun budaya berlalu lintas yang baik.

Kata Kunci : Efektivitas, ETLE, CCTV Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:40
Last Modified: 10 Aug 2022 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item
View Item